Jumat

Cara Berlatih Catur Yang Terbaik

Hello penggemar permainan catur!

Kita jumpa lagi dalam blog main catur, kali ini saya akan terangkan pada anda tentang cara berlatih catur yang baik, ini sangat berguna untuk perkembangan catur anda kedepan.

Dengan mempergunakan cara (metoda) ini saya yakin anda akan bisa melatih permainan catur anda secaca terpola dan akan membawa anda menjadi pemain catur yang tangguh, tapi ingat ya..apapun yang anda pelajari kuncinya adalah KETEKUNAN DAN KEMAUAN UNTUK BELAJAR, nah..dengan memakai prinsip ini…apapun yang anda inginkan, moga akan tercapai…oke kita lanjut!!

A. PEMBUKAAN PRAKTIS

a. Sistem Pembukaan :

Macam dan jenis pembukaan didasari ciri langkah atau gerakan serta memiliki makna masing-masing sesuai karakternya dipandang dari segi posisi/strategi pembukaan Catur. Untuk mengetahui jenis-jenis pembukaan ini anda bisa lihat di postingan saya “nama-nama pembukaan catur”

b. Pembukaan Populer :

Beraneka pembukaan dan pertahanan populer yang minimal harus anda ketahui dan diserap sebagai modal praktek,yang termasuk dalam pembukaan populer yaitu : Pembukaan Spanyol, Gambit Menteri, Pertahanan Sisilia, Pertahanan Caro-kann, Pertahanan Hindia Raja dll. Untuk pendalamannya pilih aja yang anda sukai, artinya yang sesuai dengan krakter anda.

c.Penguasaan Pembukaan :

Merupakan bentuk penguasaan Pembukaan disamping sebagai awal kemudian berkembang secara bertahap sesuai dengan pengendalian permainan dan kebutuhan praktek.

Artinya pilih pembukaan kesukaan anda dan dalami mulai varian utama, varian cabang sampai ke ranting-rantingnya, sebab ini bekal untuk permainan catur anda yang akan datang.

Misalkan : Kalau anda pegang buah putih, pembukaan populer itu antara lain adalah menjalankan bidak dimuka Raja dua langkah atau bidak dimuka Menteri dua langkah kedepan,…nah anda pilih salah satu yang anda sukai, bidak muka Raja atau bidak muka Menteri ( jangan dalami keduanya ya!…otak kita tidak akan sanggup untuk itu semua, dan lagi pula itu “pemborosan energi”), artinya klo anda pilih bidak muka Raja maka pelajarilah seluruh jawaban yang berhubungan dengan pembukaan muka Raja seperti, Pertahanan Sisilia, Pertahan Caro-kann, Pertahanan Perancis dsb ( sekitar 12 macam yang penting aja ).

Begitu juga bila anda pegang buah hitam, maka anda cukup pelajari 2-4 pertahanan aja, misalnya : klo lawan buka dengan bidak muka Menteri dua langkah, maka pilih aja 1 atau 2 pertahanan ( misalkan : Gambit Menteri Ditolak …hehe..ini pembukaan kesukaan saya lho! atau Pertahanan Hindia Raja ), klo lawan buka dengan bidak muka Raja dua langkah, maka pilih aja 1 atau 2 pertahanan ( misalkan: Pertahanan Sisilia Naga....ini pembukaan kesukaan saya untuk menghadapi e4! atau Pertahanan Caro-kann ), setelah anda memilih pertahanan kesukaan anda maka dalami itu aja..gampangkan!

Untuk memdalami pembukaan catur, saya anjurkan anda pakai MCO 14 (Modern Chess Opening), buku ini berisikan seluruh pembukaan yang ada dalam permainan catur ( sangat lengkap ), mulai dari varian utamanya sampai keranting-rantingnya di terangkan disini. Harga MCO ini memang mahal juga sekitar Rp.350.000,.( ini harga yang copyan, bukan yang asli ),tapi klo anda ingin mendapatkannya dengan harga yang murah lihat aja di www.bukucatur.com disini terdapat 100 ebook catur yang sangat bermutu dan juga ada Deep Fritz/Chessmaster ( catur komputer ini sangat berguna untuk lawan tanding anda ).


B. BABAK TENGAH PRAKTIS

a. Memahami kalkulasi :

Kalkulasi dan analisa dipelajari dengan pemahaman makna dan manfaat dan cara penataan berkalkulasi/beranalisa yang baik, cepat, tepat dan benar

b. Memahami strategi & rencana :

Strategi dan rencana dipelajari secara metoda praktek agar diperoleh kejelasan makna dan paparannya. Kwalitas penyerapan harus didahulukan baru kemudian kwantitas, macam dan jenisnya,khususnya hal strategi.

c. Memahami taktik & kombinasi :

Pemahaman taktik dan kombinasi dimulai dengan mempelajari contoh praktek sesuai macamnya yang ada, kemudian pemahaman secara kwalitas melalui uji coba.

Untuk point a,b dan c diatas bisa anda pelajari dalam postingan saya yang berjudul “teori permainan tengah”.

d. Partai Miniatur :

Penelaahan/mempelajari partai miniatur lebih bersifat membantu wawasan untuk serangan dan bertahan serta bermanfaat dalam penguasaan pembukaan, khususnya jebakan diawal permainan.Untuk mendalami partai mini ini, anda bisa lihat di postingan saya yang berjudul “Partai Catur Mini”.

e. Penguasaan bentuk mat 1-3 langkah :

Membiasakan berlatih memecahkan posisi mat sebanyak mungkin yang bisa diserap, termasuk hingga posisi 3 langkah, makin cepat dan makin banyak bisa anda tebak dengan benar akan memberikan kemampuan dalam melihat dan berintuisi atas adanya posisi mat. Untuk mendapatkan problem catur 1-3 langkah mat ini, bisa anda lihat di postingan saya yang berjudul “problem catur” atau klo anda ingin memiliki ribuan problem catur, lihat aja di www.bukucatur.com


C. BABAK AKHIR PRAKTIS

*Untuk modal praktek :

a. Babak Akhir Bidak :

Babak akhir yang akan sering ditemui dalam praktek, maka pengetahuan dasar harus anda pelajari hingga tingkatan yang lebih sulit ( R+bidakvs R, atau R+ 2bidak vs R+ 1 bidak dsb ). Penguasaan praktek dengan latihan akan lebih baik, sebab nantinya anda akan paham hubungan antara babak akhir ini dengan babak tengah.

b. Babak Akhir minoritas :

Sebelum BA Bidak tentunya diawali BA Minoritas (Gajah atau Kuda) maupun BA Benteng, Untuk praktek awal, anda cari aja posisi-posisi dengan adanya keunggulan materi atau cukup hanya keunggulan posisi dan sering berlatih dengan posisi ini.( misalnya, R+G+ 2 buah bidak vs R+G, atau R+K vs R+K+bidak, atau R+G+ 4 bidak vs R+K+ 4 bidak tetapi salah satu unggul posisi, dsb )

c. Babak Akhir Benteng :

BA Benteng sangat lazim dijumpai selain BA Bidak, anda harus mempelajari BA Benteng standar ( R+B+bidak vs R+B ), baru dilengkapi dengan yang lainnya. Pelajaran melalui contoh-contoh praktek akan sangat membantu anda untuk menciptakan atau mengarahkan posisi BA Benteng yang menguntungkan untuk anda.

d. Babak Akhir Menteri :

BA Menteri adalah yang paling rumit, tapi ini perlu anda ketahui dan pelajari, caranya mulailah dulu dari yang gampang ( misal R+M vs R+bidak yang satu langkah lagi akan jadi Menteri dan yang giliran melangkah sekarang adalah yang punya Menteri, atau R+M vs R+B dsb ), baru kemudian bertahap ketingkat yang lebih rumit

Untuk mendapatkan segala bentuk permainan akhir ini, bisa anda dapatkan di www.bukucatur.com dan sebagian ada juga dalam blog belajar catur ini.

*Meningkatkan imajinasi & intuisi dengan komposisi catur:

komposisi ialah problem catur yang diciptakan oleh pengarangnya, walaupun temuan dalam praktek agak jarang namun kegunaanya dalam meningkatkan daya imajinasi dan penerapan intuisi dalam praktek, maka berlatih dengan bentuk-bentuk komposisi catur sangat membantu, terlebih lagi bila anda mampu memecahkannya.


D. HAL TENTANG CATUR YANG LAINNYA

a. Faktor psikologi & mental :

faktor ini juga sangat terasa sekali dalam permainan, misalnya merasa grogi berhadapan dengan pemain ternama, atau merasa putus asa karena sudah kalah buah atau kalah posisi dsb. Hal-hal seperti ini harus bisa anda atasi, nanti juga saya akan usahakan posting yang berhubungan denga psikologi & mental ini, sekarang sebagian sudah ada juga di blog catur ini, ya…silahkan anda lihat aja.

b. Komputer dan cara memanfaatkannya :

Sekarang komputer bukan barang langka lagi, jadi kalau mungkin anda usahakan mempunyai komputer, sebab dengan benda ini anda bisa main catur komputer lawan Deep Fritz, Chessmaster dsb, ini artinya anda tidak kesusahan lagi untuk mencari lawan tanding.

Dengan komputer anda juga bisa baca ebook catur yang dewasa ini paling banyak dibuat dan juga anda bisa baca database dan partai catur yang di mainkan dalam turnamen-turnamen tingkat dunia yang semuanya bisa anda dapatkan di internet. Sebab biasanya partai-partai ini di upload ke internet oleh penyelenggaranya

Nah … itulah metoda-metoda yang perlu anda pelajari, klo anda ingin menjadi pemain catur tangguh atau Master Nasional atau Master Internasional atau Grandmaster..hehehe..gampangkan!!..oke deh sampai disini dulu ya!.

Artikel yang Berhubungan



28 komentar:

sansan mengatakan...

ehm...lihat-lihat nih..kunjungi juga blog baru saya . debatkontroversi.blogspot.com

yadi mengatakan...

hebat

peluang usaha mengatakan...

Sip-lah menjalankan hobi sambil berbisnis. Salut dech...

www.berusahamandiri.com

catur mania mengatakan...

download program catur yg gratis di mana ya? hehe
klo untuk bisnis www.uangsuper.com sih yg asyik dan mantap

refrizal mengatakan...

buat temen2 pecinta blog belajarcatur,mulai saat ini saya tidak bisa lagi posting melalui blog belajarcatur ini,sebab account saya dah kena hacker, sebagai gantinya saya dah siapkan buat anda para pecinta permainan catur, sebuah blog catur lainnya yaitu :http://belajarpermainancatur.blogspot.com

blog diatas sengaja saya buat untuk melanjutkan semua postingan yang umumnya bersambung,hingga temen2 yang berkunjung ke blog ini bisa melanjutkannya ke blog diatas.tq

Anonim mengatakan...

ada yg tau ga website atau server atau tempat main catur antar pulau atau antar kota via internet?thanks!!!
my email: excee_van_raven2005@yahoo.co.uk

Anonim mengatakan...

mas anonim, anda main aja di chess.com, atau game catur via facebook. anda bisa main dengan pemain catur dari belahan dunia. juga bisa main sama aku... sophaljamil

Unknown mengatakan...

sip lah q jg pengen blajar

hakim nasution mengatakan...

hebat hebat klo bs jd pecatur tingkt dunia....hem....bs gk ya

Anonim mengatakan...

www.chesscube.com, master nasional, master fide & master internasional dari Indonesia maen di chesscube.

Anonim mengatakan...

mantap.......siiiiiip..deh.........

pemeliharaan mesin mengatakan...

keren

Tempat Mencurahkan Isi Hati mengatakan...

Program Catur Nomor 1 Dunia

Telah hadir : Houdini 3.0 Pro 32 bit
............: Houdini 3.0 Pro 64 bit

Harga Miring ( Rp 300.000)

Buat yang berminat call me 081263839258 Ty.

http://guru-tk.myartsonline.com

aziznasrulloh.aziz@yahoo.co.id mengatakan...

lumayan infonya

marthen mengatakan...

Nukan cuma lumayan, tapi bagus tauk...!!!!

marthen mengatakan...

Nukan cuma lumayan, tapi bagus tauk...!!!!

Anonim mengatakan...

boagus banget, kami dapat ilmu anda dapat pahala

Unknown mengatakan...

apanya yang hebat dari 'bisa' bermain catur? ha?
gak ada kan

Unknown mengatakan...

apanya yang hebat dari 'bisa' bermain catur? ha?
gak ada kan

pengetahuanpro mengatakan...

sangat bagus....

Blogger Tampan mengatakan...

dari semua daftar diatas, menurut saya yang paling sulit adalah memperkuat mental. pada dasarnya, yang membedakan antara pecatur kuat dan lemah adalah mental.

semua pecatur boleh membaca buku yang sama, mempunyai guru yang sama, tetapi mental adalah satu-satunya pembeda.

kunjungi balik gan.. everythingaboutvanrush88.blogspot.com

Umroh Akhir Tahun 2015 mengatakan...

mantap ilmunya, langsung praktek sama komputer

Paket Umroh Murah Akhir Tahun 2015 mengatakan...

Terimakasih sudah share ilmu dan pengalamannya , bermanfaat bnget buat pemula2 sperti saya... heheee

Paket Umroh Desember 2015 mengatakan...

Boleh nih buat nambah pengetahuan dalam maen catur , biar tambah jago dalam bermain , terima kasih maazz sudah berbagi...

Gagah News mengatakan...

saya guru olahraga, jadi berita ini dapat menjadi refrensi saya dalam membuat program latihan

refrizal mengatakan...

@Gagah News : makasih pak telah berkunjung

hahaha mengatakan...

Menangkan juga Jackpot hingga ratusan juta rupiah.
Custumer Service online kami siap 24jam akan melayani Deposit,
withdraw dan Registrasi anda dengan cepat, ramah, sopan dan
juga profesional.
Kami bertransaksi Menggunakan Bank BCA, BNI, BRI , Danamon , dan Mandiri
Ayo segera daftarkan diri anda di www,pokers1288,pw
(PIN BBM : 7AC8D76B)

Mariobola.info mengatakan...

Ayo Bermain Dan Bergabung Bersama KAMI MARIO BOLA !!

Bandar Betting Online Terbesar Dan Terpercaya No.1 !
Proses Transaksi Deposit Dan Withdraw Tercepat !!
Menang Berapapun Di bayarkan !!

Tersedia Berbagai Promo Menarik Yang Berlaku Saat ini !!
Promo Yang berlaku Di www,Mariobola,Info :
HOT PROMO :

- Bonus Deposit Setiap Hari 10% (Max Bonus 200ribu) Minimal TO 3x
- Bonus Cashback Mingguan Di Sportbook 5% - 15% (Minimal Kekalahan 500ribu)
- Bonus Refrensi Mingguan Di Permainan Sportbook 2,5%
- Bonus Rollingan Mingguan Sportbook Refferal 0,1%
- Bonus Cashback Slot Mingguan 5% (Minimal Kekalahan 500Ribu)
- Bonus Rollingan Poker 0.2%

Diskon Togel :
Discount 4D : 66.00% , 3D : 59.5.00% , 2D : 29.5.00%
Kombinasi = 5%
Shio = 12%
Colok Angka (1A) = 5%
Colok Macau (2A) = 15%
Colok Naga (3A) = 15%
Colok Jitu = 8%

kami menyediakan berbagai jenis Games , seperti :

- Sport
- Tangkas
- Togel
- Live Casino
- Poker
- Slot
- Sabung Ayam
- Tembak Ikan

Kami tunggu kedatangannya dan Join bersama kami .



Bisa Deposit Via Pulsa Telkomsel !!
Dari Dompet Digital Seperti Ovo , Dana , Gopay , Link aja DLL
Dan Support Deposit Semua Bank Dalam Negri

Info Untuk Pendaftaran Dan Info Lebih Lanjut
WA 1 : +62821 3257 2756
WA 2 : +62822 4569 1339

Salam hoki Bosku www.mariobola,info

Posting Komentar

Template by : kendhin : design