Minggu

Pelajaran Dasar Main Catur (4)

Hello kawan!

Masih ingat postingan yang lalu? Pelajaran dasar main catur ( 1, 2,3 ), nah…khusus untuk anda yang belum bisa main catur sama sekali, saya yakin bila anda sudah membaca postingan itu, tentu sekarang anda sudah “bisa”melangkahkan buah catur dan telah bisa mempraktekkan kemampuan anda hehe…benarkan!! Sekarang kita lanjutkan pelajarannya…

3. LANGKAH ISTIMEWA

kita telah mempelajari cara melangkah atau memukul setiap buah catur. Terapi semua itu baru mengaaangkut langkah yang umum. Masih ada beberapa lalngkah istimewa yang juga penting diketahui. Terutama yang berhubungan dengan bidak dan Raja.

Memukul “en passant”

Salah satu keistimewaan langkah bidak ialah memukkul “en passant” ( baca : ang pasang) atau memukul “sambil lalu”.

Ketentuaannya demikian : bila satu bidak melangkah dua petak sekaligus ke depan dan melewati lawan, maka bidak lawan dapat memukul bidak itu seolah-olah bidak tadi hanya dimajukan selangkah saja. Lihat contoh pada diagram 32.

Diagram 32



Diagram 32 kita umpamakan Hitam melangkah dan menjalankan bidak d7 ke d5. langkah bidak itu melewati awah pukulan bidah putih c5 ke d6. dalam hal ini, kalau Putih mau, dia boleh memukul bidak hitam itu seolah-olah bidak itu hanya dilangkahkan sepetak saja, yaitu ke d6. jadi, dalam bentuk diagram menjadi sebagai berikut

Diagram 33


Setelah Hitam melangkahkan bidak d7 ke d5

Diagram 34


Setelah Putih memukul bidak di d6 secara “en passant”

Kesempatan setiap bidak memukul “en passant” hanya sekali, yaitu pada saat setelah bidak itu dilangkahkan. Seandainya Putih melakukan langkah lain sebagai selingan, dia tidak boleh lagi melakukan pukeulan “en passant” terhadap bidak d5 hitam itu.


Perhatikan kembali diagram 32. Bidak g7 hitam sebenarnya bisa memukul bidak putih di f6. Tetapi Hitam memilih menjalankan bidak itu dari g7 ke g5. Bolehkah Putih memukul “en passant” dengan bidaknya dari f6 ke g7? Jawabnya: Tidak boleh! Bidak hitam itu tidak melewati arah pukulan bidak putih, tetapi sudah meninggalkannya.

Demikian ketentuan mengenai pukulan “en passant”.


Promosi Bidak

Kita sudah mengenal cara bidak melangkah, yaitu lurus ke depan. Kalau memukul buah lawan maka jalannya menyerong ke kiri atau ke kanan, seperti huruf V. bidak tidak boleh mundur. Bagaimana jika bidak itu sampai pada baris terakhir perjalannannya?

Bidak yang sudah mencapai baris terakhir harus naik pangkat. Atau dengan istilah catur yang populer : Promosi. Bidak itu tidak boleh tetap menjadi bidak. Dia harus segera diganti dengan salah satu perwira seperti Menteri, Benteng, Gajah atau Kuda yang sama warna dengan bidak itu. Bidak tidak boleh menjadi Raja. Raja setiap pemain hanya ada satu sejak awal sampai akhir. Mari lihat diagram 35 dan36.

Diagram 35



Putih giliran melangkah. Dia boleh menjalankan bidak c7 ke c8 dan sekaligus mengganti bidak itu dengan Menteri. Lihat diagram 36.

Diagram 36


Keadaan setelah Putih mempromosikan bidak ke c8 jadi Menteri.

Mengapa Menteri yang dipilih oleh Putih? Karena Menteri merupakan buah yang terkuat dan juga termahal harganya.

Terapi dapat juga terjadi bidak itu dipromosikan menadi buah yang lebih menguntungkan.

Umpamanya seperti diperagakan pada diagram 37 dan 38.

Diagram 37


Putih melangkahkan bidak f7 ke f8 menjadi Kuda.

Diagram 38


Setelah bidak diganti dengan Kuda.

Terlihat bahwa Kuda putih itu sekaligus mengancam atau menyerang Raja dan Menteri hitam. Hitam harus menyelamatkan Rajanya terlebih dahulu dan karena itu giliran berikutnya Kuda putih tadi dapat memakan Menteri hitam dan menang.

Bidak yang promosi boleh menjadi Menteri walaupun Menteri yang asli masih ada di atas papan. Pada suatu ketika bisa terjadi seorang pemain mempunyai dua Menteri. Bahkan bisa tiga atau lebih jika dia berhasil mempromosikan bidak sebanyak-banyaknya.

Demikan pula dia boleh mempunyai Benteng berapa saja, atau Gajah lebih dari dua atau Kuda sebanyak bidak yang dipromosikan.

Secara teori. Delapan bidak pada permulaan permainan bisa saja dipromosikan menjadi delapan Menteri, delapan Benteng, delapan Gajah, atau delapan Kuda. Terserah keinginan pemain yang bersangkutan. Namun dalam praktek, keadaan semacam itu sukar terjadi.

Sampai disini dulu postingan tentang pelajaran dasar main caturnya, kita jumpa lagi pada postingan yang akan dating yaitu: ROKADE..bye..bye!!

Artikel yang Berhubungan



2 komentar:

Tempat Mencurahkan Isi Hati mengatakan...

Program Catur Nomor 1 Dunia

Telah hadir : Houdini 3.0 Pro 32 bit
............: Houdini 3.0 Pro 64 bit

Harga Miring ( Rp 300.000)

Buat yang berminat call me 081263839258 Ty.

http://guru-tk.myartsonline.com

refrizal mengatakan...

@899 bet : trims telah berkunjung

Posting Komentar

Template by : kendhin : design