Kamis

Nama-nama Pembukaan Catur

Hello All

Pada postingan kali ini kita akan mempelajari semua pembukaan catur secara garis besar, ini akan berguna untuk pemain muda dalam memilih pembukaan yang disukai. Mungkin diantara pembaca blog ini ada yang belum tahu, kalau dalam permainan catur setiap langkah awal itu ada namanya…nah dengan materi hari ini saya jamin anda akan langsung tahu nama-nama pembukaan dan tujuan dari masing-masing pembukaan itu

Oh ya sebelumnya saya akan terangkan pada anda dulu istilah “pembukaan” dan “pertahanan”, kata Pembukaan dipakai bila setelah langkah Putih baru ada nama dari pembukaan itu contohnya : 1. f4.. ini namanya Pembukaan Bird….1. e4 e5. 2. Gc4..ini namanya Pembukaan Gajah Raja dan lain-lain.
Kata Pertahanan dipakai bila setelah langkah Hitam baru ada nama dari pembukaan itu, contohnya : 1. e4 Kf6…ini namanya Pertahanan Alekhine….1. d4 Kf6. 2. c4 c5…ini namanya Pertahanan Benoni dan lain-lain.

Ada satu lagi intilah dalam pembukaan yaitu “Gambit”, maksudnya adalah pengorbanan Bidak sementara didalam Pembukaan, kita korbankan bidak dengan maksud untuk mendapatkan ruang gerak, seandainya lawan mempertahankan kemenangan bidak ini maka dia akan kalah dalam perkembangan, kenapa dikatakan korban bidak sementara? Sebab kita akan bisa ambil lagi dalam beberapa langkah kemudian,bahkan kalau lawan tidak hati-hati, kita akan menang perwira dengan korban bidak ini…yah nanti saya akan posting juga langkah-langkah perangkap dari “Gambit”(korban bidak sementara) ini yang menyebabkan kita bisa menang perwira dsb

Sekarang kita lanjutkan pelajaran pembukaan caturnya

1. Gambit Balasan Albin. 1. d4 d5. 2. c4 e5. 3. dxe5 d4. keterangan : Usaha keras untuk merebut inisiatif yang sering menghasilkan bentuk rokade berlawanan

2. Pertahanan Alekhine. 1. e4 Kf6. keterangan : Hitam berupaya agar Putiy memajukan bidak-bidak tengahnya jauh kedepan, lalu membendungnya untuk kemudian memusnahkannya.

3. Gambit Benko. 1. d4 Kf6. 2. c4 c5. 3. d5 b5. 4. cxb5. keterangan : Hitam korban satu bidak agar dapat melakukan tekanan di sayap-menteri.

4. Pertahanan benoni. 1. d4 Kf6. 2. c4 c5. keterangan : Hitam membentuk system penguasaan sayap-menteri dengan mayoritas bidak dan tekanan sepanjang lajur setengah terbuka dan penguasaan diagonal gajah Raja fiansetonya.

5. Gambit Blackmar Diemer. 1. d4 d5 2. e4 dxe4 3. Kc3 Kf6 4. f3. keterangan : Pilihan tajam, agak riskan, Putih main korban untuk perkembangan buah.

6. Pembukaan Bird. 1. f4. keterangan : Ide strateginya, terutama menguasai e5, mirip dengan Pertahanan Belanda.

7. Pembukaan Gajah Raja. 1. e4 e5 2. Gc4. keterangan : Upaya Putih memainkan Gajah agar cepat menekan sayap Raja hitam.

8. Pertahanan India Bogo. 1. d4 Kf6 2. c4 e6 3. Kf3 Gb4. keterangan : Pertahanan solid dengan Hitam ingin cepat menukar Gajah Rajanya.

9. Gambit Budapest. 1. d4 Kf6 2. c4 e5. keterangan : Hitam hampir selalu bisa merebut kembali bidak gambitnya. Tetapi waktu yang dihabiskan Hitam untuk merebut kembali bidak itu, menyebabkan Putih sedikit lebih unggul.

10. Pertahanan Caro-Kann. 1. e4 c5. keterangan : Pertahannan sehat bagi Hitam yang menunda pertarungan sampai posisinya solid.

11. Sistem Katalan. 1. d4 Kf6 2. c4 e6 3. g3. keterangan : Putih menghindar dari variasi yang lazim dengan arah perkembangan buah yang lebih dinamis dan ikut gaya hypermodern.

12. Pertahanan Skandinavia. 1. e4 d5. keterangan : Pertahanan ini cocok bagi merekan yang menginginkan pertahanan lengkap tanpa banyak belajar variasi 2. exd5 Mxd5 menyebabkan susunan bidak mirip Caro-Kann

13. Sistem Colle. 1. d4 d5 2. Kf3 Kf6 3. e3 c5 4. c3. keterangan : Sistem solid dengan tujuan strategi yang mudah dimengerti.

14. Gambit Denmark. 1. e4 e5 2. d4 exd4 3. c3 dxc3 4. Gc4. keterangan : Gambit berbahaya, penuh tipuan, akan tetapi Hitam dengan mudah mengimbangi asalkan mengembalikan bidak gambit itu disaat yang tepat.

15. Pertahanan Belanda. 1. d4 f5. keterangan : Hitam mencegah Putih main e4 dan menata posisi bidak-bidak dipusat.

16. Pembukaan Inggris. 1. c4. keterangan : Pembukaan populer yang sering bertranposisi, memiliki pertempuran posisi yang kompleks.

17. Gambit Evans. 1. e4 e5 2. Kf3 Kc6 3. Gc4 Gc5 4. b4. keterangan : Pembukaan yang cocok bagi yang senang taktis dan paham main terbuka

18. Pembukaan Empat Kuda. 1. e4 e5 2. Kf3 Kc6 3. Kf6 Kc3. keterangan : Permainan solid jika kedua pihak tidak berupaya dinamis

19. Pertahanan Perancis. 1. e4 e6. keterangan : Pertahan kuat dan solid yang punya reputasi.

20. Pembukaan Italia/Giuco Piano. 1. e4 e5 2. Kf3 Kc6 3. Gc4 Gc5. keterangan : Putih menunda tusukan d4 sebelum didukung oleh c3 agar diperoleh dua bidak di medan-tengah

21. Serangan Grob. 1.g4. keterangan : Nilai kejutannya luar biasa, tapi tidak banyak mendukung posisi Putih.

22. Pertahanan Grunfeld. 1. d4 Kf6 2. c4 g6 3. Kc3 d5. keterangan : Dilandasi teori hypermodern, bidak pusat yang luas dapat jadi sasaran atau sebagai keunggulan.

23. Gambit Raja. 1. e4 e5 2. f4. keterangan : Pertempuran tajam sejak awal permainan

24. Pertahanan India Raja. 1.d4 Kf6 2. c4 g6 3. Kc3 Gg7. keterangan : Hitam membiarkan Putih membentuk kubu bidak di medan tengah untuk kemudian digempur.

25. Gambit Latvia. 1. e4 e4 2. Kf3 f5. keterangan : Serangan balik yang tajam tapi punya reputasi tidak baik.

26. Serangan Marshall. 1. e4 e5 2. Kf3 Kc6 3. Gb5 a6 4. Ga4 Kf6 5. 0-0 Ge7 6. Be1 b5 7. Gb3 0-0 8. c3 d5. keterangan : Perlawanan aktif para perwira Hitam terhadap Raja putih sangat disukai semua pemain penyerang.

27. Pertahanan Modern. 1.e4 g6 2. d4 Gg7. keterangan : Strategi Hitam ialah menggempur serta mengobrak-abrik medan-tengah Putih.

28. Gambit Morra. 1. e4 c5 2. d4 cxd4 3. c3. keterangan : Gambit berbahaya yang memungkinkan Putih menghindari jalur utama dalam Sisilia.

29. Pertahanan Hindia Nimzo. 1. d4 Kf6 2. c4 e6 3. Kc3 Gb4. keterangan : Hitam membiarkan Putih mendapat pasangan Gajah dan sebagai imbalannya perwira hitam lebih cepat berkembang dan dalam berbagai variasinya, menekan bidak-tumpuk Putih di lajur c sebagai sasaran.

30. Pertahanan Nimzovich. 1. e4 Kc6. keterangan : Satu lagi gaya hypermodern. Hitam membiarkan bidak Putih maju di pusat. Medan-tengah seringkali jadi tertutup.

31. Pertahanan Hindia Tua. 1. d4 Kf6 2. c4 d6. keterangan : Pertahanan yang pasif dengan susunan bidak mirip Hindia Raja tapi tanpa fianseto Gajah Raja.

32. Pertahanan Petroff. 1. e4 e5 2. Kf3 Kf6. keterangan : Meskipun mendapat reputasi solit, pertahanan ini memiliki harapan untuk menyerang balik.

33. Pertahanan Philidor. 1. e4 e5 2. Kf3 d6. keterangan : Meski cukup solid namun Hitam punya kendala dalam mobilitas buahnya.

34. Pertahanan Pirc. 1. e4 d6 2. d4 Kf6 3. Kc3 g6. keterangan : Hitam bertujuan mengganggu medan-tengah Putih dan kemudian memanfaatkan Gajah fiansetonya.

35. Pertahanan Ponziani. 1. e4 e5 2. Kf3 Kc6 2. c3. keterangan : Putih membangun medan-tengah yang kuat.

36. Gambit Menteri. 1. d4 d5 2. c4. keterangan : Pembukaan populer dengan permainan aktif untuk kedua pihak.

37. Pertahanan Hidia Menteri. 1. d4 Kf6 2. c4 e6 3. Kf3 b6. keterangan : Dewasa ini dianggap pertahanan paling sehat oleh para Master.

38. Pembukaan Reti. 1. Kf3. keterangan : Sistem hypermodern yang mengawasi medan-tengah dari jarak jauh. Cirinya ialah manuver yang lamban dan berpeluang main sebagai Hitam dengan menang satu tempo.

39. Pembukaan Spanyol/Ruy Lopez. 1. e4 e5 2. Kf3 Kc6 3. Gb5. keterangan : Pembukaan sangat populer. Putih langsung menekan medan-tengah Hitam. Pertempuran bisa menjurus sangat tajam atau bergaya posisionil.

40. Pembukaan Skot. 1. e4 e5 2. Kf3 Kc6 d4. keterangan : Pembukaan ini bersifat memaksa dan balasan Hitam agak terbatas. Putih dapat mengendalikan permainan.

41. Pertahanan Sililia. 1. e4 c5. keterangan : Pertahanan terpopuler terhadap e4. Melalui lajur-c setengah terbuka, Hitam melancarkan serangan balik. Dalam permainan tengah banyak terdapat pukulan taktis berbahaya.

42. Pembukaan Tiga Kuda. 1. e4 e5 2. Kf3 Kc6 3. Kc3. keterangan : Langkah Putih hanya pengembangan buah, tidaklah memberi masalah apa-apa bagi Hitam.

43. Pertahanan Dua Kuda. 1. e4 e5 2. Kf3 Kc6 3. Gc4 Kf6. keterangan : kedua pihak siap bermain api, siapa lengah akan fatal.

44. Pembukaan Wina. 1. e4 e5 2. Kc3. keterangan : Putih berkembang dengan tenang, namun tetap menyiapkan f4 yang tajam.

45. Pembukaan Benko. 1. g3. keterangan : Gaya hypermodern Putih dengan tema pertahanan fianseto terbalik.

46.Serangan Larsen. 1. b3. keterangan : Gaya hypermodern dengan fianseto Putih.

Nah..itulah rincian pembukaan yang perlu anda ketahui, dan untuk pembukaan yang lengkap, nanti saya akan pilihkan pembukaan yang paling populer dan paling sering dijumpai dalam permainan catur dewasa ini dan akan saya terangkan mulai dari jalur utama, jalur cabang dan sampai keujungnya…hehe..istilah kerennya ibarat sebuah pohon saya akan terangkan mulai batang, cabang, ranting , daun dan sampai ke pucuknya..

Terakhir saya pesankan, jangan anda pelajari semua pembukaan, tetapi pilih saja yang sesuai dengan krakter anda dan dalami itu, artinya tak ada gunanya mempelajari banyak pembukaan sebab umur anda tidak akan cukup untuk itu…kecuali kalau anda hidup 1000 tahun ..hehe …bye..bye

Artikel yang Berhubungan



29 komentar:

Anonim mengatakan...

tolong dijelaskan tentanng maksud dari angka2 1.gb dan sebagainya.
makasih

refrizal mengatakan...

@Anonim ;1. e4 e5 2. Kf3 Kc6 3. Gc4 Kf6.itu artinya 1=putih langkahkan bidak muka raja dua langkah dan dijawab oleh hitam dengan bidak muka raja melangkah dua langkah ( 1. e4 e5 )trus langkah ke 2= putih melangkahkan Kuda kepetak f3 dan dijawab oleh hitam dengan Kuda ke petak c6...nah artinya setiap nomer ada langkah putih dan hitam,tq

srutledug mengatakan...

untuk lanjutannya saya tunggu mas

priyo mengatakan...

waduh, bnyak bnget pembukaan n pertahanannye .
emangny kLo maen catur tu kudu harus musti wajib pke pembukaan2/pertahanan2 ya mas?

Anonim mengatakan...

gimana kalo langkah-langkahnya dipraktekin pake gambar biar belajarnya lebih enak dan menyenangkan

Anonim mengatakan...

"Terakhir saya pesankan, jangan anda pelajari semua pembukaan, tetapi pilih saja yang sesuai dengan krakter anda dan dalami itu, artinya tak ada gunanya mempelajari banyak pembukaan sebab umur anda tidak akan cukup untuk itu…kecuali kalau anda hidup 1000 tahun ..hehe …bye..bye"

nah karakter pembukaan itu gimana ya mas?? kalo kita karakter agresif pilih pembukaan apa?
kalo defensif pilih yg mana?
kalo sukanya menjebak pake yg mana nih?

DewaAnom mengatakan...

tolong buka dan isi komentar juga blogku di www.anom-hunter69.blogspot.com

Anonim mengatakan...

taktik ini kan berarti tergantung apa pergerakan hitam juga kan?!
nah, klo hitamnya bergerak tidak sesuai skema gimana? makasih...

refrizal mengatakan...

@priyo : iyalah klo kita main catur tanpa menggunakan pembukaan atau pertahanan yang baik, tentu gampang aja lawan ngalahin kita :)

@Anonim : sebagian ya pake gambar,tapi ngak untuk semua langkah.

@Anonim : untuk yang angresif biayanya pembukaannya pake bidak depan raja ( klo pegang buah putih ) dan sililia ( klo pegang buah hitam ).
untuk yang defensif atau posisionil biasanya pake bidak muka menteri ( utk putih ) dan perancis, caro-kann (utk hitam ).
klo suka menjebak ya..pelajari perangkap-perangkap dalam pembukaan dsb

@Anonim : klo hitam ( lawan maksudnya ) bergerak ato melangkah ngak sesuai dengan skema atau teori, itu artinya langkahnya bukan yang terbaik ato lebih baik, nah...kita akan lebih mudah ngalahin dia...hehe...

lencong(pemain Kuat) mengatakan...

sebelumnya, sy ucapkan terimakasih pd anda..pelajaran ini sangat membantu sekali kemajuan bermain catur sy,yg ingin sy tanyakan adalah di tiap2 pembukaan arah serangan bagi putih dan hitam serta pembebasan bagi hitam dimn? serta kekuatan dan kelemahan di kedua pihak? trim's mas sy tunggu jwbannya

akhbar mengatakan...

mas,sy se"rng ank kcl brthkn bgaimn mlkhkn ctr dngn pmbk"n a.pirc b.ruy lopes c.modern

arecome reyes mengatakan...

thank tuk penjelasannya mas,,, good luck.. wassalam

refrizal mengatakan...

buat temen2 pecinta blog belajarcatur,mulai saat ini saya tidak bisa lagi posting melalui blog belajarcatur ini,sebab account saya dah kena hacker, sebagai gantinya saya dah siapkan buat anda para pecinta permainan catur, sebuah blog catur lainnya yaitu :http://belajarpermainancatur.blogspot.com

blog diatas sengaja saya buat untuk melanjutkan semua postingan yang umumnya bersambung,hingga temen2 yang berkunjung ke blog ini bisa melanjutkannya ke blog diatas.tq

The Fey mengatakan...

wah mantap postingannya mas... masukan yang sangat baik buat amatiran

Anonim mengatakan...

saia masih newbie susah dimengerti bisa dibuat yg lbih simple gg????

Alfiah hidayatillah mengatakan...

Wah Mantap Posting Na Mas......Masukan Yang Sangat Baik Buat Amatiran
Saja Masih Newbie Susah Dimengerti Bisa Dibuat YG lebih Simple Gg??????????

Dimas mengatakan...

pembukaan catur yg CARO-CANN bukan e4-c6

huda mengatakan...

bermain catur itu sebenarnya mudah kalau saja anda bisa menebak secara logika musuh mau mna , dan mempersiapkan,5 atau 6 langkah kedepan untuk menyeran , ini bagi pemula emula yang blum mengerti betul apa permainan catur .

Ilham Busra Solution mengatakan...

bagus jg postingnya, yg pasti dapat menambah wawasan bagi pencinta olahraga catur. kebetulan saya jg sangat cinta dgn olahraga ini. oke perkenalkan dulu, saya dari Palangka Raya-Kalteng, gelar saya d percasi sebagai Pelatih Nasional Madya (PNM). Gens Una Sumus!!!

Anonim mengatakan...

saya newbie, pengen belajar catur dan kalo bisa pengen mendalami olahraga yang satu ini. Saya masih kebingungan dengan istilah2 yg asing buat saya seperti fianseto,rokade dll? untuk newbie seperti saya alangkah berterimakasihnya kalo ada daftar istilah yang bisa memudahkan saya untuk mempelajari catur.

pendekar bani alpian mengatakan...

kalo cx itu singkatan dari apa sih mas

Anonim mengatakan...

Gk ngerti k

CATUR MARMER mengatakan...

Wah Abang Refrizal ini memang Master Catur Indonesia,sipa yang tidak kenal dengan Beliau,maestro Catur Indonesia,Maju terus PERCATURAN Indonesia,asalnggak perlu ngkiut ama percaturan politik,lebih pusing dan lebih banyakmusuh,kalau kita senang bermain catur,khan jadi banyak teman...bukan banyak musuh....Salam kenal Bang..Blogger Tulungagung,JUARA CATUR ANTAR RT Tahun 1999 yang lalu...he...he..mantab triknya

Anonim mengatakan...

gak ada pic-nya sekalian ya.... ada software chess yang recomended yang free downloadnya ... aku lagi mau belajar catur ... salam gens uma sumus.. (ridwan800@gmail.com)

Obat untuk penyakit jantung bocor mengatakan...

Keren taktiknya, terimakasih

Anonim mengatakan...

catur itu inisiatif.. terdapat 64 kotak untuk melangkah, terdapat 32 anggota permainan.. catur itu relatif, tergantung anda sebagai pemain untuk mengatur langkah agar menang.. tata cara pembukaan dan pertahanan penting juga , sebagai teori pasti beberapa langkah catur.. trima kasih. mohon koreksi.

Mutia Mutiara 1 mengatakan...

admin, klauu bisa dilengkapi gambarx dong

ahmad rukanda mengatakan...

Invite saya di chesscube dan kita tanding ( rukanda)

Agus Rahman mengatakan...

semua telah tersaji dengan sempurna melalui website ini.. informasi yang akuarat tajam dan terpercaya.. thanks cara memperbesar penis terbaik mas bro telah rela berbagi dengan kami.

Poskan Komentar

Template by : kendhin : design