Selasa

Pelajaran Dasar Main Catur ( 8 ), NOTASI

Hello semua!

Sudah lama ngak jumpa, maaf ya…belakangan ini saya agak sedikit sibuk, jadi postingan di blog belajar catur ini tertunda beberapa minggu, oke deh kita akan lanjutkan kembali pelajaran dasar caturnya, pada posting kali ini kita akan mempelajari tentang “notasi”

Bagi anda yang masih pemula dalam main catur tentu akan merasa kesulitan membaca ebook catur, buku catur, atau partai catur yang sering kita temukan di koran dan majalah maupun di internet, nah dengan pelajaran cara baca notasi catur ini semua kesulitan anda akan bisa teratasi :) ….lanjut !!

5. NOTASI

Notasi artinya catatan. Setiap langkah dalam permainan catur harus dicatat. Dari catatan atau notasi itu, kita bisa memainkan ulang jalannya pertandingan antara para juara.

Sistem notasi yang diakui oleh Federasi Catur Dunia ( lazimnya disingkat FIDE ) adalah Sistem Aljabar. Caranya mudah sekali.

Kita sudah mengetahui nama dari setiap petak. Setiap buah catur ditandai dengan huruf awal namanya, kecuali bidak. Singkatan nama buah catur ini harus selalu menggunakan huruf besar. Namun belakangan ini sesuai perkembangan teknologi, singkatan nama buah itu sering juga di tukar dengan gambar buah seperti yang ada pada diagramnya. Singkatan dari nama buah catur adalah sebagai berikut.

R = Raja
M = Menteri

B = Benteng

G = Gajah

K = Kuda


Notasi Panjang

Langkah buah catur dicatat dengan menyebutkan singkatan dari buah catur yang bersangkutan dan digabung dengan petak asalnya lalu kemudian petak tujuannya. Untuk bidak hanya disebut petak asalnya dan petak tujuannya. Apabila langkah buah itu hanya berupa jalan biasa, maka antara petak asal dan petak tujuan diberi tanda “-“. Kalau langkah itu berupa pemukulan, maka tanda itu berupa “x”.

Umpamanya :

e2-e4 artinya bidak e2 maju ke petak e4

Kg8-f6 artinya Kuda dari petak g8 lompat ke petak f6.

Gf1-c4 artinya Gajah dari petak f1 melangkah ke petak c4

Kf6xe4 artinya Kuda dari petak f6 memukul buah yang ada di petak e4

c7-c8M artinya bidak c7 maju ke petak c8 dan promosi menjadi Menteri

f2-f1K artinya bidak di petak f2 maju ke f1 dan promosi menjadi Kuda

g7xh8B artinya bidak g7 memukul buah lawan di h8 dan sekaligus promosi jadi Benteng

Notasi panjang ini dapat pula disebut notasi lengkap. Dikatakan lengkap karena menyebutkan petak asal dari buah catur itu.

Notasi Pendek

Cara yang lebih pendek, tidak menyebutkan petak asal buah catur itu. Dalam hal ini tertu harus diartikan bahwa hanya ada satu buah catur yang sejenis yang dapat pergi ke petak itu.

Contoh notasi panjang diatas dapat dijadikan notasi pendek.
Dalam notasi pendek menjadi :

e2-e4 = e4

Kg8-f6 = Kf6

Gf1-c4 = Gc4

Kf6xe4 = Kxe4
( tanda pukul “x” tetap digunakan )

c7-c8M = c8M

f2-f1K = f1K


g7xh8B = h8B


Tetapi seandainya ada dua buah catur sejenis yang dapat pergi ke petak yang sama, maka notasi pendek harus dilengkapi dengan cara sebagai berikut. Umpama :

Dua Kuda berada pada petak g8 dan d7.

Dengan demikian maka langkah Kg8-f6 harus ditulis dalam notasi pendek dengan Kgf6 untuk membedakannya dengan langkah Kd7-f6 yang ditulis Kdf6.

Jika Kuda itu masing-masing berada pada petak g8 dan g4, maka langkah Kg8-f6 dalam notasi pendek menjadi K8f6, sedangkan Kg4-f6 menjadi K4f6.

Ketentuan untuk kuda ini juga berlaku untuk Benteng, karena juga ada kemungkinan yang sama untuk menuju ke petak yang sama. Kalau memakai notasi pendek berhati-hatilah dengan Kuda dan Benteng.

Tanda-tanda notasi

Tanda-tanda lain yang lazim digunakan dalam notasi catur ialah.

0-0 = rokade dengan Benteng h1 atau h8 yang biasa disebut rokade pendek ( rokade kesayap raja )

0-0-0 = rokade dengan Benteng a1 atau a8 yang biasa disebut rokade panjang ( rokade kesayap menteri )

+ = tanda sekak atau skak ( serangan terhadap raja )

++ = tanda sekak mat atau boleh disingkat mat.

! = langkah yang bagus.

!! = langkah yang sangat bagus.

? = langkah yang buruk.

?? = langkah yang sangat buruk.

!? = langkah yang patut dikaji.

?! = langkah yang diragukan.

e.p = tanda “ en passant “ (sambil lalu ). Tanda ini muncul dibelakang langkah bidak yoang melakukan pemukulan “ en passant “.

Langkah Teks

Yang dimaksud dengan langkah teks ialah langkah yang sebenarnya dimainkan dalam satu partai. Biasanya langkah teks itu ditulis dengan notasi panjang atau dicetak tebal. Langkah komentar atau analisa yang mengulas permainan itu, biasanya ditulis dengan notasi pendek atau dicetak biasa. Berikut ini contoh ulasan singkat penggalan suatu partai catur.

1. e2-e4 e5-e5
2.Kg1-f3 d7-d6


Selain langkah teks diatas ( maksudnya langkah d7-d6 ), hitam mempunyai pilihan lain seperti 2…..Kc6 atau 2…..e6.

LATIHAN 4

Sekarang marilah kita mainkan beberapa partai yang dimulai dari bangunan permulaan. Ikutilah langkah-langkah berikut diatas papan catur dan berikanlah kemungkinan langkah-langkah lain sebagai jawaban terhadap langkah sekak

Partai 1

1. e2-e4 e7-e5
2. Kg1-f3 d7-d6

3.Gf1-b5+ c7-c6


Tanya 1 : Selain langkah teks tadi, adakah langkah lain yang dapat dilakukan Hitam untuk menghindarkan sekak dari Gajah itu?

4. Gb5-a4 Gc8-g4
5. d2-d4 e5xd4

6. Md1xd4 Gg4xf3

7. g2xf3 Md8-a5+

8. Kb1-c3


Tanya 2
: Putih juga mempunyai beberapa cara menangkis sekak dari Menteri hitam itu. Tunjukkan beberapa cara itu !

8…………......Kg8-f6
9. Gc1-f4 d6-d5

10.0-0-0 Kb8-d7

11.e4xd5 Gf8-c5

12.Bh1-e1+ Re8-d8


Tanya 3
: Berikanlah kemungkinan lain bagi Hitam untuk menghindar dari serangan sekak Benteng putih. Berapa banyakkah kemungkinan itu?

13.Md4-d2 Kd7-b6
14.d5xc6+ Rd8-c8


Tanya 4
: Adakah langkah lain yang dapat dipilih Hitam untuk menyelamatkan Rajanya?

15.Md2-d7+ Kb6-d7

Tanya 5 : Apakah jawaban Hitam ini merupakan Pilihan satu-satunya?

16.c6xd7+ Rc8-d8

Tanya 6 : Adakah pilihan lain untuk hitam?

17.Be1-e8+ Kf6xe8

Tanya 7
: Pilihan apa lagi yang dapat dilakukan Hitam?

18.d7xe8M++

Tanya 8
: Masih adakah pilihan buat Hitam untuk menghindarkan Rajanya dari sekak?

Untuk memeriksa apakah langkah yang Anda jalankan memang sudah tepat seperti langkah teks, berikut ini diberikan diagram yang merupakan bangunan akhir setelah langkah Putih 18.d7xe8M++

Diagram 83



Partai 2

Susunlah kembali buah catur seperti pada permulaan permainan. Kemudian jalankanlah langkah-langkah berikut sambil menjawab pertanyaan yang diajukan.

1. e2-e4 c7-c5
2. e4-e5 d7-d5


Tanya 9 : Bolehkah Putih memukul bidak hitam ini secara “ en passant “?

3. d2-d4 e5xd4
4. Md1xd4 Kb8-c6

5. Gf1-b5 Gc8-d7


Tanya 10
: Dapatkah sebagai pengganti langkah teks, Hitam menjalankan 5……kc6xd4?

6. Gb5xc6 b7xc6
7. Gc1-f4 e7-e6

8. Kg1-f3 Md8-a5+


Tanya 11
: Bolehkan sekarang Putih rokade pendek?

9. Kb1-c3 f7-f5
10.e5xf6 e.p


Tanya 12
: Wajibkah Putih memukul “ en passant “? Bolehkah Putih menjalankan 10.exd6 e.p?

10………….....Kg8xf6
11.h2-h4


Tanya 13
: Bolehkah sekarang Hitam rokade panjang?

11…………....Ma5-a6

Tanya 14
: Bolehkah sekarang Putih rokade pendek? Atau rokade panjang?

12.Bh1-h3 Gf8-e7
13.Kf3-e5 c6-c5
14.Md4-d2 Ma6-a5

15.Ke5xd7 Re8xd7


Tanya 15
: Kalau Hitam tidak memukul Kuda putih itu, bolehkah dia rokade pendek? Dan rokade panjang? Setelah langkah teks tadi, masih bolehkah Hitam nanti rokade pendek atau rokade panjang?

16.Bh3-h1 d5-d4
17.0-0-0


Tanya 16
: Kalau Putih tidak rokade panjang, bolehkah dia rokade pendek?

17…………......h7-h5

Tanya 17
: Bolehkah Hitam menjalankan 17…….d4xc3

Tanya 18 : Bolehkah sekarang Putih memukul “ en passant “ dengan Gajahnya dalam bentuk 18. Gxh6?

Untuk mencocokan ketepatan langkah-langkah anda, berikut ini diberikan diagram bangunan akhir setelah 17……..h7-h5

Diagram 84



Partai 3

Kini kita tidak mulai dari awal. Telitilah diagram 85.

Diagram 85



Sekarang Putih yang giliran melangkah dan menjalankan :

1. e6-e7

Tanya 19 : Dapatkah Putih menjalankan 1. f7xe8M dan mempromosikan bidak menjadi Menteri?

1……………...h2-h1M

Tanya 20 : Bolehkah Hitam mempromosikan bidak ini jadi Menteri? Bolehkah dia memilih buah lain?

2.e7xf8 Tanya 21 : Sebagai pengganti bidak yang promosi itu, buah apakah yang dapat dipilih oleh Putih?

Tanya 22 : Buah apakah yang terbaik untuk Putih sebagai pengganti bidak yang promosi itu?

Sampai disini dulu, nanti kita jumpa lagi dalam posting lanjutan yang berjudul REMIS…bye !!

Artikel yang Berhubungan



15 komentar:

Anonim mengatakan...

Posting lg dong pelajaran catur yg baru khususnya partai tengah, lumayan bs bt inspirasi. Thank

rudev zamaro mengatakan...

Hello Caturmania..... kabar gembira, untuk menemani bermain catur yang cocok tentu minum kopi dapat sensasi minum kopi luwak asli dengan harga spsial jauh dibawah harga pasar, cukup dengan Rp. 800.000/Kg kami memiliki kopi luwak asli dari pegunungan Belawan - Bondowoso Jawa Timur, merupakan jenis kopi luwak terbaik di tanah air, dijamin 100% kopi luwak asli, berminat hubungi : 085336022121, 08816048014 atau kirim pesan via e-mail ke : rdvzmr@gmail.com kami siap kirim kemana saja baik dalam negeri maupun luar negeri

windy mengatakan...

thx yaa!!!!

Anonim mengatakan...

mantap tuh,,kalo bisa ditamabahin lagi paratai2 catur dunia....dr tanah air juga ya<<<<<<<-----

Anonim mengatakan...

q mau nanya e2-e4 e5-e5
e-5 nya kok ada 2 mohon dijelaskan

saofi mengatakan...

keren banget...mudahan dapet pahala yang setimpal dengan sharing ilmunya.

Bean mengatakan...

yang partai 2 bermasalah tu....

3. ..... e5xd4

padahal yang di e5 dan d4 sama-sama bidak warna putih.

mohon di ralat.

jadi kacau permainan tanpa ralat.
thnk b4.

Nita mengatakan...

Thanks for the information...sangat menarik.

Anonim mengatakan...

Thanks ya..akhirnya bisa juga gue main catur..gue perlukan tunjuk ajar...kerna gue mahu masuk peringkat negeri..tolong gue ya..

Anonim mengatakan...

Kayu dipusingin?!.

wijoyo.suharjono Harjono mengatakan...

tambah ilmu tentang permainan catur

boy mengatakan...

Boleh kah di awal permainan kita menjalan kan dua bidak pion sekaligus trima kasih...

watching chess mengatakan...

Gan, tau gak kalo noyasi catur yang lama??
Contoh : R-K7ch...

Mohon pencerahannya...

watching chess mengatakan...

Gan, tau gak kalo noyasi catur yang lama??
Contoh : R-K7ch...

Mohon pencerahannya...

Anonim mengatakan...

@watching chess R-k7 ch itu artinya Benteng ke petak raja nomor 7 dan skak, itu sama saja dengan R-e7+, coba cari di google, "tutorial belajar notasi catur universal"

Poskan Komentar

Template by : kendhin : design