Sabtu

Pelajaran Dasar Main Catur (9)

Hello para penggemar catur

Kita jumpa lagi dalam blog caturnya, kali ini kita akan lanjutkan posting tentang pelajaran dasar permainan catur, buat anda yang belum bisa main catur, silahkan dipelajari mulai dari pelajaran 1, saya yakin setelah anda selesai membaca pelajaran 9, anda dah bisa main catur! Gampang kan?...oke kita lanjut!!

6. REMIS

Remis artinya seri, sama kuat. Tidak ada yang kalah dan tidak ada yang menang. Dalam bahasa inggris, remis disebut draw (baca dro). Kalau permainan berakhir remis, maka masing-masing pemain mendapat angka ½ (setengah). Kalau menang mendapat angka 1 (satu) dan kalau kalah mendapat angka 0 (nol).

Dalam pemainan catur, remis dapat terjadi karena berbagai sebab : antara lain karena kurang potensi mat, atas persetujuan kedua pemain, sekak abadi, tiga kali bangunan sama, pat dan peraturan lima puluh (50)langkah.

Kurang Potensi Mat

Satu waktu setelah pertukaran buah, mungkin masing-masing pihak tinggal mempunyai Raja. Buah yang lain sudah tersingkir semua. Raja seorang diri atau istilah caturnya Raja Tunggal tidak mungkin me-mat-kan Raja lawan. Hasilnya dikatakan “remis”

Selain itu, Raja dengan bantuan satu Kuda atau Raja dengan bantuan satu Gajah, juga tidak akan mampu me-mat-kan. Raja Tunggal lawan. Bahkan Raja dengan bantuan dua Kuda juga masih tidak cukup.hasilnya tetap remis.
Keadaan seperti diuraikan diatas disebut : kurang potensi mat.

Atas persetujuan kedua pemain

Setelah bermain puluhan langkah kedua pemain merasa atau memperkirakan tidak mungkin mencari kemenangan. Lalu salah seorang pemain itu menawarkan remis kepada lawannya. Kalau lawan itu mau menerima tawaran itu, maka permainan dianggap selesai dengan hasil remis.

Grand Master atau biasa disingkat GM acap kali bermain remis sesama GM setelah hanya beberapa langkah. Bahkan sering terjadi, belum ada buah yang dipukul atau ditukar. Mungkin mereka itu sama-sama takut menghadapi lawannya atau sama-sama letih pada waktu itu. Remis seperti ini sering disebut dengan istilah : Remis Grand Master

Sekak Abadi

Kita sudah mengenal apa yang dikatakan sekak. Sekak abadi artinya sekak terus menerus tiada henti. Oleh karena suatu sebab ( biasanya supaya jangan kalah ) seorang pemain memberikan sekak terus menerus terhadap Raja lawannya, tetapi tidak sampai menghasilkan mat.

Mari kita perhatikan diagram 86

Diagram 86



Seperti kita lihat pada diagram 86, Hitam unggul. Dia memiliki kelebihan satu Benteng. Seandainya sekarang Hitam yang melangkah, maka dia bisa me-mat-kan Raja putih dengan berbagai cara. Bisa dengan Mxg2++ atau Me1++ atau Bd1++. Antara ancaman sebanyak ini tidak meungkin ditangkis oleh putih. Apalagi perwiranya tinggal Menteri saja. Untunglah sekarang Putih giliran melangkah sehingga dia memberikan sekak abadi supaya remis.

Caranya :

1. Mf8+

Raja hitam kena sekak dan harus diselamatkan terlebih dahulu. Satu-satunya cara ialah lari ke h7.
Jadi :
1……..Rh7

2. Mf7+ Rh6

Kalau Raja itu kembali ke h8 tentu akan dikejar terus oleh Putih dengan 2. Mf8+

3. Mf6+ Rh5

4. Mf5+ Rh6

Raja hitam terpaksa kembali lagi dan tidak bisa bersembunyi. Putih terus menerus memberikan sekak pada petak-petak f5, f6, f7, f8 dengan Menterinya. Dengan demikian, Hitam tidak mempunyai kesempatan untuk “membunuh” Raja putih. Permainan ini berakhir remis karena “sekak abadi”.

Perwira lain ( Benteng, Gajah dan kuda ) dapat juga memberikan sekak abadi. Berikut ini contoh sekak abadi dengan Benteng.

Diagram 87


Putih melangkah

Terlihatlah pada diagram 87 bahwa Putih berada dalam keadaan kalah buah. Namun dia dapat mencapai remis dengan melakukan sekak abadi sebagai berikut :

1. Bf8+ Rh7

Benteng putih tidak bisa dipukul oleh Raja hitam sebab dijaga oleh Kuda di e6.

2. Bf7+ Rh8

Atau Raja itu kembali ke g8, Putih tetap memberikan sekak dengan Bentengnya di f8 dan f7. hitam tidak bisa meloloskan diri dari sekak itu dan karenanya permainan berakhir remis.

Sekak abadi dapat juga dilakukan oleh perwira ringan seperti Gajah dan Kuda.

Tiga kali bangunan sama

Bila suatu bangunan terulang sama seperti sebelumnya dan pemain yang sama selalu giliran melangkah, maka sebelum pemain bersangkutan menjalankan langkah berikutnya yang akan menyebabkan terulangnya banunan itu untuk ketiga kalinya, dia berhak menuntut remis. Tuntutan remis itu ditujukan kepada Wasit dengan menuliskan langkah yang ingin dimainkan sehingga terjadi tiga kali bangunan sama. Wasit akan memutuskan permainan itu berakhir semis, apabila terbukti benar.

Cara lain ialah bila bangunan yang sama sudah terjadi tiga kali dan pemain yang sama selalu giliran melangkah. Sebelum pemain ini melakukan langkah berikutnya, dia berhak memanggil Wasit dan menuntut remis.

Kalau pemain itu sudah terlanjur menjalankan langkahnya, dia tidak berhak lagi menuntut remis. Hak itu kembali dimilikinya bila bangunan yang sama terulang kembali ( untuk keempat kali atau lebih ) dan giliran melangkah juga harus sama.

Contoh yang paling sederhana tentang ketentuan ini dapat kita lihat dari diagram 86 dan diagram 87 yang sudah kita pelajari. Bila Putih dan Hitam terus menerus melakukan langkah seperti contoh, maka pastilah bangunan yang sama akan terulang lagi. Dengan demikian, salah satu pemain itu dapat menuntut remis berdasarkan tiga kali bangunan sama.

Pat

Sudah kita ketahui bahwa “mat” adalah keadaan Raja yang kena sekak dan tak ada cara untuk mengamankan Raja tersebut. Di pihak lain “pat” adalah keadaan Raja yang tidak kena sekak, tetapi tak satu bauh pun yang dapat dijalankan ( buah, termasuk Raja, dikatakn tidak dapat dijalankan bila jalannya terhalang atau bila dijalankan akan menyebabkan Rajanya kena sekak ). Keadaan “pat” ini, dinyatakan remis.

Sebagai contoh marilah kita perhatikan diagram 88.

Diagram 88



Kalau sekarang Putih yang melangkah, maka Rajanya tidak dapat bergerak tanpa kena sekak oleh Menteri hitam. Padahal Raja itu sendiri sekarang tidak terncam. Keadaan semacam ini lah yang disebut pat. Raja putih pat dan hasilnya ialah remis.

Contoh yang melibatkan buah yang masih banyak, dapat dilihat pada diagram 89

Diagram 89



Diagram 89 memperlihatkan Hitam giliran melangkah. Apakah yang dapat dijalankan oleh Hitam? Jawabnya tak satu pun! Kuda hitam tidak boleh melangkah karena Rajanya akan “diterkam” oleh Benteng putih dari c7. bidak f6 juga tidak boleh maju mengingat ancaman Gajah putih dari c3. Bidak c4 sudah macet. Tinggal Raja hitam dikatakan pat. Putih tidak menang walaupun dia sudah unggul banyak sekali.

Peraturan 50 langkah

Apabila dalam suatu permainan, pada suatu ketika tidak pernah lagi terjadi pukul memukul dan juga tidak pernah ada bidak yang dilangkahkan selama 50 langkah berturut-turut, maka salah seorang pemain dapat menuntut remis berdasarkan ketentuan ini.

Peraturan ini bermaksud mencegah permainan yang bertele-tele dan tidak menentu. Apalagi bila ada pemain yang ingin main terus padahal kemungkinan menang baginya sudah tidak ada.

Setiap pemain perlu membuat notasi agar dapat membuktikan bahwa selama 50 langkah terus menerus tidak pernah ada langkah bidak. Memang ada pengecualian terhadap peraturan ini, tetapi tidak begitu penting untuk kita pelajari pada tahap permulaan ini.

LATIHAN 5

Diagram 90



Putih melangkah

Langkah apakah yang terbaik supaya mencapai remis?

Diagram 91



Putih melangkah

Hitam isa menang jika Putih membuat kekeliruan. Hanha satu langkah yan dapat menyelamatkan Putih dari kekalahan.
Langkah apakah itu?

Diagram 92



Dalam kedudukan ini Hitam menuntut remis sebab Putih hanya tinggal satu Kuda yang berarti tidak memiliki potensi mat. Apakah tuntutan Hitam itu dapat dibenarkan?

Diagram 93



Putih melangkah. Keadaan Putih cukup gawat. Menteri hitam mengancam mat di a2 atau c1. Apakah yang dilakukan Putih supaya tidak kalah?

Diagram 94



Putih melangkah. Putih sudah kalah satu Gajah dan satu bidak. Kemungkinan menang boleh dikatakan impian kosong belaka. Tapi supaya jangan kalah, dia harus berbuat sesuatu. Bisakah Putih mengancam remis?

Diagram 95



Putih melangkah. Secara teori Putih sudah kalah karena ketinggalan satu Menteri dan satu bidak. Masih mampukah Putih menyelamatkan diri dari kekalahan?

Diagram 96



Putih melangkah. Putih sudah kalah satu Benteng. Dalam keadaan biasa Putih seharusnya sudah menyerah. Tetapi dalam bangunan ini masih terselip satu kemungkinan yang dapat mencapai remis. Apakah itu?

Diagram 97



Putih melangkah. Langkah terakhir dari Hitam ialah g7-g5. Putih menuntut remis karena Rajanya pat. Benarkah tututan Putih itu?

Diagram 98



Putih melangkah dan permainan berlanjut sebagai berikut :

1. Ga6 Bb8
2. Ge2 Bc8
3. Gg1 Kh3
4. Gd4 ……
Sampai disini Hitam memanggil Wasit dan menuntut remis berdasarkan peraturan tiga kali bangunan sama. Hitam menjelaskan bahwa dia bermaksud akan menjalankan 4….Kf4. apakah tuntutan Hitam itu dapat dibenarkan?

Diagram 99



Hitam melangkah

Dapatkah Hitam mencapai remis dalam kedudukan ini?

Yup..dah terlalu panjang postingan kali ini, kita stop aja dulu ya…:)… Nanti di lanjutkan lagi pada postingan yang akan dating dengan judul “SENJATA TAKTIS”

Oke..sampai jumpa!!..bye..bye…

Artikel yang Berhubungan



60 komentar:

Anonim mengatakan...

Terima kasih atas pelajaran caturnya. Dinanti "SENJATA TAKTIS" -nya.

Mr.Tanjung mengatakan...

buat temen2 pecinta blog belajarcatur,mulai saat ini saya tidak bisa lagi posting melalui blog belajarcatur ini,sebab account saya dah kena hacker, sebagai gantinya saya dah siapkan buat anda para pecinta permainan catur, sebuah blog catur lainnya yaitu :http://belajarpermainancatur.blogspot.com

blog diatas sengaja saya buat untuk melanjutkan semua postingan yang umumnya bersambung,hingga temen2 yang berkunjung ke blog ini bisa melanjutkannya ke blog diatas.tq

gens una sumus !

gnikop mengatakan...

mau tanya bos....bagaimana cara memasukan diagram catur ke dalam blog....tolong ya jawabannya

Refrizal mengatakan...

@gnikop : cara masukin diagram catur ke blog : jadikan dulu papan caturnya ke "jpg"( berupa gambar )trus upload gambar aja di bloggernya, selesai.

awi mengatakan...

thanks ya bro, tp gue mash kalah trus, gue pemula, gue coba pake langkah 10 mematikan tp gagal sob

namraza mengatakan...

Hi,

do you know you can put online chess board which enables you to play chess online directly on your blog? It is provided by http://www.chessfriends.com Check example: http://http://chessfriendscom.blogspot.com.

d mengatakan...

permisi gan TUKER LINK ya

www.pusatcatur.blogspot.com

ada banyak tutorial master chess dari mancanegara loh

Anonim mengatakan...

Quiz yang di atas tolong dong sekalian dengan jawabannya, soalnya masih pusing ngejawabnya..

Tips kecantikan | Tips Kesehatan mengatakan...

susah bangat quiz nya gan, tapi kynya harus bisa nih kuselesaikan, ato ngak kasi jawaban nya donk :)

Anonim mengatakan...

thaks ilmunya gan bermanfaat banget

Anonim mengatakan...

Promo 24-12-2012 Program Catur Nomor 1 Dunia
Telah hadir : Houdini 3.0 Pro 32 bit
.................: Houdini 3.0 Pro 64 bit

Harga Miring ( Rp 300.000)

Buat yang berminat call me 081263839258 Ty.

Tempat Mencurahkan Isi Hati mengatakan...

download link :

houdini 3

Medan Chess mengatakan...

Catur bukan lagi milik sekelompok elit dan/atau yang punya hubungan dengan petinggi2 di Percasi.
Catur adalah milik rakyat.

www.medanchess.com

Rudi Chess mengatakan...

Ayo tingkatkan Permainan Catur kita. Indonesia cuma ada 6 Grandmaster Internasional terdaftar.

http://www.rudichess.com

Anonim mengatakan...

thanks

Jual Tanah mengatakan...

Thx utk infonya........

ENDAN HAMDANI mengatakan...

thank_u

Anonim mengatakan...

http://kevin-m.tokobagus.com
http://medan.olx.co.id/chessbase-12-premium-iid-540613248

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...

aasa

Andhi mengatakan...

wah blog nya keren.. thankz

mainChess mengatakan...

kalau tau trik2 master share juga brow...pengen belajar

dedy mengatakan...

Tengkyu master triknya, mau coba di terapkan khusus pemula

Anonim mengatakan...

Jual Sarana Catur Berupa CD/DVD Catur :

Jual CD/DVD Catur Tokobagus
Jual CD/DVD Catur Facebook

Catur mengatakan...

wakau game caturnya bagus sekali dan dijelaskan lagi

pengetahuanpro mengatakan...

berguna untuk saya.. thanks

umroh desember 2015 mengatakan...

latihan yg dasar namun lengkap bagi pemula dan pecinta catur mania nih

biaya umroh desember 2015 mengatakan...

i,mu dasar mengenai catur yang mumpuni...
langsung praktek, pasti bakalan jadi jagoan catur di RT :D

Paket Umroh Desember 2015 mengatakan...

makasih gan trik nya, langsung terapkan buat bantai tetangga, he

Paket Umroh Promo Desember 2015 mengatakan...

Bagus bnget bro share nya tentang ilmu dasar maen catur , maklum nih msih pemula

Paket Umroh Promo Desember mengatakan...

Termia kasih ya , sangat bermanfaat sekali trik2 nya bagi seorang pemula seperti saya

Paket Umroh Promo Desember 2015 mengatakan...

Sangat bermanfaat sekali gan ilmunya, terima kasih sudah berbagi

Paket Umroh Desember 2015 mengatakan...

Wah ada yang share ginian , mantap dah pkoknya ganz , berguna bngetz

Jual Rumah mengatakan...

Thanks untuk infonya

Jual Tanah mengatakan...

Kunjungi www.jualsewatanah.com

refrizal mengatakan...

@Jual Rumah,trims atas kunjungannya

Unknown mengatakan...

nice article endgamecatur,

Tempat Mencurahkan Isi Hati mengatakan...

Jual Program Catur Komputer

Tempat Mencurahkan Isi Hati mengatakan...

Jual Program Catur Komputer

Walidin mengatakan...

Kalau saya paling suka bermain catur Chess ciptaan dari developer cnvcs-com

Tulisan Online mengatakan...

Mantap nih ilmunya.
www.tulison.com
Sekalian nitip ya!

Anonim mengatakan...

Artikel yang sangat menarik gan nambah wawasan juga buat ane thanks ya for informationnya
Jangan Lupa kunjungi situs ane gan hanya di WWW.DAFTARBET303LINK.COM
Apakah agan juga penggemar Bola ?? Ingin mencoba taruhan online secara langsung buat tim favorit agan??
Yuk silahkan Daftarkan sekarang juga di WWW.DAFTARBET303LINK.COM ,Banyak Bonus Bonusnya loh gan hanya untuk hari ini yuk jangan ketinggalan !!!
Bonus Bonusnya yakni seperti dibawah ini :


Bonus Menarik di Daftarbet303

Bonus Deposit awal 30% untuk member baru Sportbook dan ASIA77
Untuk mendapatkan bonus deposit awal ini, minimal deposit adalah Rp 100.000,-.
Untuk mendapatkan bonus,Total withdraw harus mencapai 4x dari TOTAL deposit + Bonus.
Contoh : depo Rp.100.000 , bonus di berikan Rp.30.000 dan masuk ke credit Rp.130.000. Minimal withdraw Rp.130.000 x 4 = Rp.520.000. Jika dibawah Target, Bonus Deposit awal akan kami tarik kembali.
Bonus akan dibatalkan apabila ditemukan adanya kesamaan IP address, nomor rekening, kesamaan nama, kesamaan nomor telp, kecurangan dan sebagainya.
Bonus hanya berlaku untuk Taruhan Handicap dan Over/Under saja. Diluar dari itu, Bonus tidak berlaku
Untuk Maximal Bonus yang diberikan per hari Rp.1.000.000.

Bonus Rollingan Sportbook 1.25% - 1.35%

Komisi Rollingan 1.25% untuk produk Sbobet dan Ibcbet. Dan Komisi 1.35% untuk produk Asia77
Komisi Rollingan 0.25% dan 0.35% sudah di setting kedalam ID dan 1% dihitung diluar
Komisi rollingan dibagi setiap hari Senin jam 14:00 wib
Komisi Rollingan dihitung hari Senin - Minggu dan dibagikan Hari Senin.
Batas waktu Klaim bonus rollingan 1x24 jam

Dan lain"nya masih banyak loh gan !! Ayo jangan ketinggalan dan daftarkan diri anda hari ini hanya di WWW.DAFTARBET303LINK.COM

Agen Sbobet Resmi mengatakan...

mantap gan artikelnya.. yuk gan kunjungi balik ya gan http://agensbobetresmidg.blogspot.com/2017/12/cara-bermain-taruhan-mix-parlay-judi.html

Unknown mengatakan...

Selamat Datang Di 7LiveBet Situs Betting Terbaik Dan TerpercayaDapatkan
Hot Promo Hanya Di 7LiveBet(.)COM :
* HOT PROMO NEW MEMBER
* BONUS TURNOVER POKER 0.3%
* BONUS CASHBACK SPORTBOOK 15%* PROMO UANG TUNAI 5JT
* BONUS REFERRAL 5% SEUMUR HIDUP

BCA - MANDIRI - BNI - BRI

Link Resmi : www(.)7LiveBet(.)com
Link Alrternatif : www(.)7LiveBet(.)Asia

UNTUK INFO SELENGKAPNYA SILAHKAN HUBUNGI KAMI DI :
PIN BBM DC71D9A0
WA +6281271235854

WEBSITE PREDIKSI di :
PREDIKSIBOLA118(.)COM

Sports
Live Casino
IDN Poker
Slots Games
IDN Live

BELAJAR BAHASA mengatakan...

postingan yang bagus

hahaha mengatakan...

Menangkan juga Jackpot hingga ratusan juta rupiah.
Custumer Service online kami siap 24jam akan melayani Deposit,
withdraw dan Registrasi anda dengan cepat, ramah, sopan dan
juga profesional.
Kami bertransaksi Menggunakan Bank BCA, BNI, BRI , Danamon , dan Mandiri
Ayo segera daftarkan diri anda di www,pokers1288,pw
(PIN BBM : 7AC8D76B)

lala mengatakan...

Raih Kemenangan Besar Anda Disitus MARIO QQ, Hanya Dengan Modal Rp.10.000 Anda Bisa Menangkan Jackpot Jutaan Rupiah Setiap Harinya !!!
✅ BONUS TURN OVER 0.3%
✅ BONUS REFFERAL 15%
✅ WIN RATE GAME 96,9%
✅ 100% PLAYER Vs PLAYER ( NO ROBOT & ADMIN )
✅ Minimal Deposit Bank : Rp.10.000 (BCA MANDIRI BNI BRI DANAMON)
✅ Minimal Deposit Pulsa : Rp.10.000
✅ Support E-Cash : GOPAY , DANA , OVO , LINK
Berapapun Kemenangan Bosku Pasti Akan Kami Bayar dan Kita Proses Dengan Cepat !!!
Hanya Disitus MARIO QQ Yang Memberikan JACKPOT dan BONUS TURN OVER Yang FANTASTIS Loh !!! Ayo Tunggu Apalagi Buruan Daftarkan dan Mainkan
Langsung Disitus Resmi MARIO QQ Dibawah Ini melalui :
WHATSAPP +62 821-4331-1663
#marioqq​ #MarioQQ4​ #marioqqcs1​ #bandarmario99 #siscaangeliataniago

jesika mengatakan...

IDN POKER88
POKER88

Riena Meryana mengatakan...

RAKYATJOKER AGEN SLOT & TEMBAK IKAN APK JOKER123 DEPOSIT 5RIBU, BONUS WC 100% BISA OVO, GOPAY & LINKAJA - WA & TELEGRAM : +6281282213953

RAKYATJOKER AGEN TEMBAK IKAN BANK MANDIRI 5000

RAKYAT JOKER AGEN SLOT BCA 24 JAM

RAKYATJOKER AGEN SLOT BCA 5000

RAKYATJOKER AGEN TEMBAK IKAN DEPOSIT BANK LAIN

RAKYATJOKER AGEN TEMBAK IKAN BANK BTPN 5000

RAKYATJOKER AGEN TEMBAK IKAN BANK CTBC 5000

RAKYATJOKER AGEN TEMBAK IKAN BANK BNI 5000

RAKYATJOKER AGEN TEMBAK IKAN BANK MEGA 5000

Anonim mengatakan...

mmorpg oyunlar
ınstagram takipçi satin al
Tiktok jeton hilesi
Tiktok Jeton Hilesi
saç ekimi antalya
Instagram Takipci
instagram takipçi satın al
Metin2 Pvp Serverler
Instagram takipçi satin al

Anonim mengatakan...

smm panel
smm panel
iş ilanları
İNSTAGRAM TAKİPÇİ SATIN AL
hırdavatçı
beyazesyateknikservisi.com.tr
SERVİS
Jeton hile indir

murat mengatakan...

instagram takipçi satın al
casino siteleri
sms onay
8PUMC

sportsbet mengatakan...

Good content. You write beautiful things.
hacklink
mrbahis
hacklink
korsan taksi
taksi
mrbahis
sportsbet
vbet
vbet

cafer mengatakan...

kilis
kilyos
konyaalti
küçükçekmece
kumluca
5H51

mustafa mengatakan...

sincan
bolu
kastamonu
kağıthane
kilis

HZ4CZ

Sinan mengatakan...

yurtdışı kargo
resimli magnet
instagram takipçi satın al
yurtdışı kargo
sms onay
dijital kartvizit
dijital kartvizit
https://nobetci-eczane.org/
7B4AWX

Çağrı mengatakan...

salt likit
salt likit
Y54RVT

arda mengatakan...

bitlis
edirne
hatay
ağrı
urfa

AN8

ceren mengatakan...

https://saglamproxy.com
metin2 proxy
proxy satın al
knight online proxy
mobil proxy satın al
KOJ

umut mengatakan...

kasmalı oyunlar
resimli magnet
silivri çatı ustası
çerkezköy çatı ustası
referans kimliği nedir

AVCHHQ

Posting Komentar

Template by : kendhin : design