Kamis

Pelajaran Catur 6, Kelemahan Bidak ( 2 )

Hi friend !

Kita lanjutkan kembali pelajaran catur tentang kelemahan bidak, tentu anda masih ingat pelajaran yang lalu khan !...klo udah lupa ulangi lagi ya…kenapa?? …sebab setiap materi yang diposting di blog belajar catur ini terus berlanjut sampai selesai,,,so ..bila anda membacanya ngak dari awal …mungkin anda akan sulit memahami materinya..

Jadi saya anjurkan supaya anda mulai dari pelajaran 1, 2, 3, 4 dan seterusnya…Oke kita lanjut !!

DIAGRAM 14
Bidak bebas yang terjauh letaknya kepunyaan putih

Marilah kita perhatikan diagram 14 ini. Dalam hal ini putih mempunyai keuntungan yang sudah jelas. Hal ini disebabkan karena putih dengan segera akan dapat mempunyai bidak bebas yang terjauh. 1.b3 Re6 2.Re3 Re5 3.h4 g6 4.a3 h6 5.b4 axb4 6.axb4 g5 7.hxg5 hxg5 8. b5 Rd5 9.b6 Rc6 10.Rd4 Rxb6 11Re5 untuk seterusnya putih memakan semua bidak kepunyaan hitam yang masih tertinggal dan dengan cepat mencapai kemenangan.
Tetapi coba perhatikan seandainya dalam diagram 14 putih tidak membuat langkah 1.b3 akan tetapi 1.a3. Gerakan langkah ini adalah tak baik disebabkan hitam tentulah membalasnya dengan….a4! serta sebagai akibatnya bidak-bidak putih disayap Menteri untuk seterusnya tak berdaya lagi!


DIAGRAM 15
Contoh bidak terbelakang

Perhatikan diagram 15, kedudukan dari putih tidak menguntungkan, disebabkan kelebihan yang terletak disayap menteri menjadi tak berharga dan untuk seterusnya hitam dengan cepat mempunyai bidak bebas; 1.Re3 g5 2.Rd4 Re6 3.Rc4 f4 dan kemenangan diperoleh hitam sebab 4.Rb4 akan gagal oleh karena 4…g4 juga disertai…f3 sedang 4. h3 tak dapat menolongnya kerena…..4….h5 dan disertai…g4 demikian pula 4.Rd4 segera gagal oleh 4…Rf5
Dalam diagram 15 ini putih mempunyai kelemahan yang besar, yaitu bidak b2, dimana ini disebabkan oleh langkah hitam a4 dan membuat bidak yang terbelakang.
Adapun yang dinamakan bidak terbelakang adalah sebuah bidak yang terletak pada garis terbuka namun tak dapat berjalan maju terus, disebabkan dihalangi oleh bidak musuh digaris kanan atau kirinya.
Semakin jauh letak bidak ini dari petak promosi, semakin lemahlah kedudukan bidak terbelakang ini.
Dalam diagran 15 adalah buruk sekali stelling (susunan bidak) yang berada pada sayap Menteri Putih, misalnya jika terbelakangnya bidak b menyebabkan bidak a tak berdaya pula.
Dalam hal ini boleh dikatakan putih bertempur dengan bidak yang kurang satu.

Guna mengatasi kesulitan seperti 1.a3 seperti dalam diagram 14, sebaiknya memakai petunjuk seperti tersebut ini.
Bidak bebas dapat dicapai dengan cara memajukan bidak yang terletak pada lajur terbuka, bidak yang terletak lajur terbuka ini yang harus dimajukan lebih duluan dibanding dengan bidak yang lainnya.Jadi pada posisi ini yang dimajukan adalah bidak b2.


DIAGRAM 16
Bidak terbelakang menyebabkan bidak yang tak berharga atau menjadi tak mempunyai harga sama sekali.

Gambaran lain mengenai bidak terbelakang kita temukan di dalam diagram 16.Dalam diagram ini bidak a putih adalah bidak terbelakang, dan karena hal tersebut putih tak dapat memanfaatkan bidak itu. Setelah 1.Re3 Rc5 2.Rd3 Rd5 untuk selanjutnya berakhir dengan remis.


DIAGRAM 17
Awas lagi!

Cobalah kita amati diagram 17 dimana kita melihat suatu stelling yang lain, dimana meskipun dalam diagram ini bisa juga berakhir dengan remis tetapi bisa juga kalah kalau terjadi salah langkah yang biasanya dilakukan oleh pemain yang belum atau tidak terlatih, yaitu tanpa memikirkan akibatnya memajukan bidak begitu saja. Langkah yang baik adalah 1. Rd4 atau 1.Re4. Namun seandainya putih membuat langkah 1.a4? pastilah dia akan mengalami kekalahan karena hal ini akan menyebabkan bidaknya disayap menteri dapat diputuskan dengan langkah 1…a5!(Raja hitam akan terbuka jalannya oleh korban bidak sementara. Seandainya bidak a masih menempati pada petak a3, maka gerakan langkah dari hitam tersebut boleh dikesampingkan oleh putih). 2.bxa5 Rc5 3.Rd3 Rb4 dan kedua bidak a putih akan musnah . Setelah 2. b5 hitam akan memperoleh kemenangan, begitu juga dengan langkah 2…..Rc5 3. Rd3 Rb4 dan seterusnya.


DIAGRAM 18
Bidak-bidak bersusun (bertumpuk) yang diakibatkan oleh karena memakan kearah centrum (pusat)


DIAGRAM 19
Bidak-bidak bersusun (bertumpuk) yang diakibatkan oleh karena memakan kearah samping centrum (pusat)

Sekarang kita perhatikan diagram 18 dan 19. Dalam diagram ini kita temukan suatu jenis kelemahan bidak yang paling popular yaitu bidak bertumpuk ( doublepion ).

Stelling seperti pada kedua diagram tersebut banyak sekali kita temukan dalam praktek, umpamanya dalam pertahanan Caro-Kann ( 1. e4 c6 ) dimana diteruskan dengan 2. d4 d5 3. Kc3 dxe4 4. Kxe4 Kf6 5. Kxf6 , umpama sekarang hitam mengambil kembali dengan bidak g, akan terjadi seperti diagram 18, tetapi kalau menggunakan bidak e, akan terjadi seperti pada diagram 19. Dengan menggunakan kedua cara tersebut, kedudukan bidak-bidak hitam akan mengalami kelemahan ; persoalannya sekarang tinggal memilih dengan cara mana yang mengandung sedikit kerugian saja.

Seperti didalam diagram 18 bagi pihak hitam dapat mengalami beberapa kesukaran untuk melakukan rokade. Tetapi dalam diagram 19 adalah kebalikannya seandainya terjadi permainan pada babak akhir berbagai kesulitan akan ditemuinya untuk menghindarkan diri dari kekalahan.

Menurut diagram 18 kekelahan itu masih juga dapat dipertahankan, meskipun putih main dengan secermat-cermatnya dan akhirnya masih dapat remis juga. Sebaliknya dalam diagram 19, seandainya pemainan dari putih baik sekali, kerugian-kerugian pihak hitam makin lama akan makin jelas kelihatan. Umpama semua kekuatan para perwira dapat tertukar semua sampai pada akhirnya kedudukan bidaknya tak terjadi perubah kedudukan, akan terjadilah suatu stelling seperti yang terlihat dalam diagram 20.


DIAGRAM 20
Bidak-bidak bertumpuk yang diakibatkan oleh karena makan kesamping centrum, serta mengakibatkan kekalahan

Pada akhirnya kemenangan akan terdapat pada pihak putih, disebabkan ia dengan mudah akan mendapatkan bidak bebas disayap Menteri, sedangkan bagi pihak hitam tidak mempunyai kesempatan sama sekali untuk memainkan kelebihan bidaknya disayap Raja.

Adapun inti daripada perbedaan dalam diagram 18 dan 19 adalah : dalam diagram yang pertama cara makannya kearah centrum sedangkan dalam diagram kedua cara makannya kesamping centrum.

Ingat !!.....Janganlah sekali-kali memakan bidak kesamping centrum, kalau tidak ada sebab-sebab yang memaksa. Apalagi jika akibat dari makan ini akan terjadi atau mengakibatkan bidak bertumpuk.

Bidak bertumpuk ini akan terasa sekali kelemahannya terutama jika nanti suatu saat bidak tumpuk itu menjadi bidak bebas.

Pada umumnya bidak bertumpuk sangat kuat untuk membuat kegagalan dari permainan lawan yang mempunyai bidak bebas yang letaknya bersebelahan dengan bidak bertumpuk tersebut, namun pada umumnya dia tak mempunyai kekuatan atau lemah untuk menjadikan dirinya sendiri menjadi bidak bebas

Sudah tentu menghadapi hal ini pihak yang mengharapkan untuk mendapat bidak bebas, haruslah mempunyai bidak lebih di lapangan yang ditempati oleh bidak bertumpuk itu. Bidak bebas jarang dapat dicapai, jika bidak lebih serupa tersebut diatas tak ada. Untuk
Para pemain saya sarankan untuk berlatih seperti dibawah ini :

Berlatihlah dengan menggunakan empat buah bidak ( yang dua bidak bertumpuk ) untuk menghadapi lawan yang bermain dengan menggunakan tiga bidak pada sayap yang sama ( semua perwira disingkirkan dari papan, kecuali Raja ) serta berusahalah untuk mendapatkan satu buah bidak bebas. Latihlah permainan seperti ini dengan tekun dan anda akan memahami bahwa hanya kelemahan dan kelalaian dari lawan sajalah yang mengakibatkan tercapainya bidak bebas.

Kemudian bermainlah lagi dengan menggunakan tiga bidak bebas yang terdiri dari dua bidak biasa dan satu bidak bertumpuk. Pada akhirnya anda tak akan mencapai bidak bebas kalau permainan itu dilakukan dengan cermat. Sekarang cobalah ambil bidak berumpuk dalam diangram 20. Meskipun akibat memakan kesamping centrum tidaklah merugikan, karena kedua belah pihak mendapatkan kesempatan yang sama untuk memperoleh bidak bebas

Didalam diagram 19, 20 dan 21 tersebut mempunyai satu ciri yang sama : yaitu lajur terbuka e membagi barisan-barisan bidak tersebut menjadi dua kelompok.


DIAGRAM 21
Bidak bertumpuk, tak berbahaya meskipun akibat dari pada makan kesamping centrum

Dalam contoh diagram 21 kelompok-kelompok bidak yang berhadapan adalah sama kuatnya yaitu : empat lawan empat, tiga lawan tiga sedangkan dalam diagram lainnya kelompok bidak yang lebih berhadapan dengan kelompok bidak yang kurang . putih masih mempunyai 4 lawan 3 disayap Menteri, hitam mempunyai 4 lawan 3 disayap Raja

Akhir permainan dari diagram 21 adalah remis. Sedangkan dalam diagram 19 dan 20 sebaiknya : suatu saat nanti dimana masing-masing pihak berusaha untuk mencapai bidak bebas, ternyatalah pihak yang mempunyai bidak sehat ini akan berhasil mendapatkan bidak bebas. Tetapi dari pihak hitam yang bidaknya terganggu tak akan mendapatkan bidak bebas disebabkan bidaknya yang bertumpuk itu.

Cobalah sekarang kita mainkan latihan dalam diagram 20.>> 1. Re2 Re7 2. Re3 Re6 3. c4 f5 4. f4 f6 5. g3 g6 6. h4 ( putih tidak akan memakan bidak di g5, sebab bidak bertumpuk dari hitam akan hilang ) 6…..h6 7. h5 ( pihak putih tentulah berusaha agar hitam tidak bisa lagi bergerak disayap Raja ) 7….g4 ( sayap Raja tertutup sekarang ) 8. d5!. Karena sekarang bidak lebih hitam disayap Raja tidak mempunyai harga lagi, untuk sementara waktu putih dapat mengorbankan bidak. Tujuannya ialah supaya mendaptkan bidak bebas yang jauh 8….d5 9. c5 ( inti dari gerakan putih diatas. Timbullah sekarang ancaman dari Rd4 dan disusul a4, b4, b5 dan seterusnya ) 9….Rd7 10. Rd4 Rc6 11. a4 ( menghalangi 11…Rb5. Pada saat inilah bagi putih untuk mendapatkan kemenangan, disebabakan lawannya tak dapat lagi melangkah tanpa membuat kelemahan bagi dirinya ) 11…..a5 ( atau 11…..a6 12.b4 dan seterusnya ). 12. b3 dan menanglah putih, karena kalau Raja hitam begerak akan mendaptkan jawaban 13. Rxd5 dan 12…..b6 akan diakhiri dengan 13. cxb6 Rxb6 14. Rxd5.

Aduh….capek ! klo gitu kita akhiri sampai disini dulu ya.., nanti kita akan teruskan masalah kelemahan bidak ini dengan judul “Menggunakan Kelemahan Bidak”…
Sampai ketemu lagi pada blog belajar catur yang akan datang ..bye !

Artikel yang Berhubungan



3 komentar:

jemiro mengatakan...

saya pantau dulu, :) akhirnya bisa main lagi kesini :D hehehehhehe

refrizal mengatakan...

buat temen2 pecinta blog belajarcatur,mulai saat ini saya tidak bisa lagi posting melalui blog belajarcatur ini,sebab account saya dah kena hacker, sebagai gantinya saya dah siapkan buat anda para pecinta permainan catur, sebuah blog catur lainnya yaitu :http://belajarpermainancatur.blogspot.com

blog diatas sengaja saya buat untuk melanjutkan semua postingan yang umumnya bersambung,hingga temen2 yang berkunjung ke blog ini bisa melanjutkannya ke blog diatas.tq

Tempat Mencurahkan Isi Hati mengatakan...

Program Catur Nomor 1 Dunia

Telah hadir : Houdini 3.0 Pro 32 bit
............: Houdini 3.0 Pro 64 bit

Harga Miring ( Rp 300.000)

Buat yang berminat call me 081263839258 Ty.

http://guru-tk.myartsonline.com

Posting Komentar

Template by : kendhin : design