Minggu

Seri Pembukaan Catur : Caro-Kann for Black…by H.Refrizal.AMK.PP

Hello para penggemar catur!

Hei!...judul postingan kali ini aneh bin antik juga ya…tu lihat diatas ! “Caro-Kann for Black......by H. Refrizal.AMK.PP”,…ceritanya gini! Beberapa waktu yang lalu saya buat CD seri pembukaan khusus untuk HITAM, ada 5 CD yang telah siap yaitu : Pertahanan Perancis for Black, Pertahanan Caro-Kann for Black, Pertahanan Alekhine for Black, Pertahanan Gambit Menteri Ditolak for Black dan Pertahanan Sisilia Naga for Black ( yang ini mah….pertahanan favorit saya sampai sekarang…saya pernah ngalahin GM.Ruben Gunawan dengan pertahaan ini dan juga remis dengan GM.Utut Adianto juga dengan Sisilia Dragon ini…juga di catur online seperti www.chesshere.com www.chess.com www.chessmaniac.com saya menang antara 95 – 98% dengan pegang buah hitam…ngak percaya lihat aja games saya di ketiga situs itu..hehe..buke rasie ditempat umum nich ye..ngak popolah yang penting bisa memacu semangat anda untuk belajar catur lebih giat lagi …)

Sebenarnya saya ingin mempostingkan seluruh isi CD itu disini, tapi kayaknya ngak mungkin…sebab isi CD itu :

1. Pertahanan Caro-Kann ( 1 partai pertahanan lengkap mulai variant utamanya sampai ke variant cabang dan rantingnya, partai ini hanya sebatas pembukaan aja alias ngak sampe mati..sebab yang kita pelajari khan! Pertahanan Caro-Kann.jadi bukan partai caro-kann sampai langkah terakhir..hehe..)

2. 30.486 partai pilihan “Pertahanan Caro-Kann yang semuanya dimenangkan oleh Hitam ( partai-partai ini dimainkan oleh pemain tingkat biasa, MN, MI dan GM ), nah..yang ini baru partai sampai mati, sesuai dengan kegunaannya yaitu untuk meng”asah” ilmu yang sudah anda pelajari.

3. 2.065 partai dari GM.Bobby Ficher si “anak ajaib”, berisi partai-partai indah yang akan dikenang selamanya, disini akan anda rasakan bagai mana si “anak ajaib” menciptakan kombinasi_kombinasi indah di setiap partai yang dia mainkan.

4. 2.421 the best games dari GM.Vladimir Kramnik si “jenius” dari Rusia, yang posisinya selalu dipapan atas catur tingkat dunia ( murid kesayangan dari GM.Kasparov, kayaknya hanya si “murid”lah yang mampu mengalahkan sang “legendaris”ini)

Nah..coba anda bayangkan kira 35.000 partai di CD ini, seandainya saya postkan 10 partai dalam satu hari maka akan butuh 35.000 : 10 = 3.500 hari ( kita 10 th )..klo saya postingan 1x seminggu..hitung sendiri deh…berapa lama waktu yang dibutuhkan… (hehe kayaknya umur saya ngak nyampe kali !! )

Sekarang pertanyaannya, apa saya yg ciptakan pertahanan Caro-Kan itu? Ngak lah yau !
Pertahanan ini saya susun dari beberapa buku “rumpun pembukaan” yang tebalnya kira satu “jengkal”( 25 cm kali…), dan yang saya ambil hanya langkah yang terbaik untuk hitam ( sebab kita yang pegang hitam kan! )Sedangkan untuk putih ada langkah terbaiknya, lebih baik, baik, sedang dan jelek..kenapa?? Iya dong itu kan lawan kita …jadi langkahnya..suka-suka dialah..orang dia yang mikir…hehe100x..

Tahukah anda!! Langkah-langkah yang saya susun dalam Pertahanan Caro-Kann ini tak akan “lapuk”di makan masa, dalam kurun waktu ½ abad ini tidak ada penemuan baru yang akan membuat langkah ini jadi “kadaluwarsa”( paling juga yang akan ditemui adalah langkah-langkah penerusannya…). Klo ada seorang Grandmaster yang mengatakan langkah ini “salah”, tanya dulu dia “maaf pak GM, umur dah berapa? Main caturnya dah berapa lama? Apakah anda punya kitab “pusaka” yang bisa membatalkan langkah dalam pertahanan ini? Dah berapa umur kitab “pusaka”nya?...klo pak GM menjawab…aku dah berumur 70 th dan main catur dah 60 th dan kitab “pusaka”aku dah berumur 80 th….nah klo itu jawaban pak GM, maka langkah dalam pertahanan caro-kann ini ngak bisa dibatalkan dia !! kenapa? Sebab! Langkah dalam pertahanan ini telah diselidiki sejak 300 th yang lalu dan sampai saat ini ( lihat aja di ECO, BCO dan MCO, sebab langkah ini saya susun dari kitab yang setebal “25 cm” itu )….hehe..sekarang dah paham kan maksud saya?

Tahukah anda !! kitab ini saya beri judul “kitab sakti dari kerajaan langit”,

Ada kisah seorang pemuda yang tinggal di sebuah kota, dia selalu digebukin ma temen2, babak belur, didalam hidup dia selalu menderita, dan akhir cerita dia pergi kesebuah hutan belantara untuk menyendiri dari kehidupan ini, tapi nasib malang ngak kunjung hilang dalam kehidupan dia, hei..tau-tau di dalam hutan dia juga dikejar-kejar “macan lapar”,karena ketakutan dia lari “pontang-panting”,akhirnya sang pemuda terjun ke dalam jurang,”biar deh berkubur dalam jurang ketimbang “terkubur”dalam perut macan, pikir sang pemuda”. Tapi apa yang terjadi selanjutnya, rupanya dia kecebur kedalam sungai yang ada didasar jurang, hei..ngak jadi mati dong!!.. dia bangkit kembali..nah didepan dia ada gua lho!!, lihat-lihat goa dong, trus dia masukin tu goa, jauh didalam sana ada sebuah sinar yang terang , apa tu?? Dia masuk terus, ternyata benda bersinar terang itu sebuah “kitab pusaka”, lha ! judulnya “kitab sakti dari kerajaan langit”. Si pemuda baca-baca itu kitab,akhir kisah isi kitab itu dah dipelajarinya semuanya. Jadi lah sepemuda pendekar sakti,…hanya dengan 3x loncatan dia sampai di atas jurang, trus dia kembali kekotanya, semua orang yang membuat dia menderita selama ini dia temui dan dihajarnya habis-habisan, ada yang babak belur, luka-luka dan mati…jadilah Sang Pemuda “pendekar sakti dari kerajaan langit”.( hehe…ini kisah terjadi dalam dunia “catur”lho!!)

Oke deh! Untuk siapa pertahanan Caro-kann ini saya postingkan??

Ya , untuk anda semua yang ingin menjadi pemain catur tangguh, ingin menjadi MN, MI atau GM, kenapa? Sebab GM sendiripun boleh mempergunakan pertahaan ini, yang isinya adalah langkah-langkah terbaik untuk hitam sampai ke tingkat GM tentunya…

Terlalu panjang komentarnya ya…tapi tujuannya hanya untuk memacu anda agar menjadi pecatur yang sukses, sekarang kita lanjut aja ya….mulai!!! oya hampir lupa CD ini dibuat dalam notasi CB yang dibacanya melalui program Fritz atau juga melalui chess reader..tapi lebih enak melalui deep fritz…sebab kita bisa mainkan langsung langkah-langkah selanjutnya dengan melawan fritz..

Dibawah ini adalah komentar yang saya tulis dalam Notepad CD tersebut, yang wajib di baca sebelum mempelajari materi yang ada dalam Cdnya..

Caro-Kann for Black......by H. Refrizal.AMK.PP
Bagi anda yang ingin menjadi pemain catur tangguh, maka mengetahui teori pembukaan adalah mutlak (harus). Tanpa menguasai pembukaan yang baik, bersiaplah anda untuk dibikin RUJAK oleh lawan anda.

Caro-Kann for Black ini, sengaja disusun untuk mereka yang memegang buah HITAM.

Langkah-langkah hitam disini adalah yang terbaik, sedangkan langkah-langkah putih ada yang terbaik, baik, setengah baik, sedang dan jelek. Sebab putih adalah lawan anda,jadi mereka melangkah suka-suka hatinya.

So bila anda telah menguasai langkah-langkah yang ada dalam CD ini, tanpa disadari, anda telah menjadi pemain yang tangguh dalam PERTAHANAN CARO-KANN.

Silahkan anda buktikan sendiri !!!


Arti simbol.

!! langkah brilian
! langkah baik
!? langkah menarik
?! langkah meragukan
? langkah jelek
± putih unggul

- + hitam unggul

= berimbang

+ = putih unggul sedikit

= + hitam unggul sedikit

oo posisi tak jelas = unclears

= oo kompensasi


PRINSIP DASAR PEMBUKAAN

5 (lima) kunci pada pembukaan

* perjuangan untuk menguasai pusat

* pengembangan buah catur secara cepat, tepat dan bermamfaat

* penyusunan struktur bidak yang kuat (tidak ada kelemahan)

* Kordinasi antara buah catur yang lain dengan bidak

* keamanan raja

note : untuk memudah kan anda dalam mempelajari pertahanan ini, sebaiknya buah hitam anda tempatkan disebelah anda ( sebelah bawah dan buah putih disebelah atas, kayak anda sedang main catur menghadapi lawan anda



Sampai disini dulu perjumpaan dalam seri pembukaan caturnya..bye beh!!

oya ...klo papan catur diatas agak kurang jelas, anda bisa lihat di sini yang agak gedean dikit...:)

Artikel yang Berhubungan



24 komentar:

abu_aghniya@yahoo.co.id mengatakan...

Bagus dan kreatif... teruskan bung Refrizal. Untuk Caro kann saya sdh menyukai opening ini sejak thn 93 semasa anak-anak di klub catur Blue Sky Lampung, semoga apa yang dilakukan bung Refrizal membawa kebaikan dan manfaat bagi rekan-rekan catur lainnya. Warm regard.

refrizal mengatakan...

@abu_aghniya@yahoo.co.id ;makasih mas, moga blog ini ada manfaatnya buat temen2 yang ingin belajar main catur atau menambah teori permainan caturnya...

aan mengatakan...

partainya mana mas ?
koq gada..

minta pembukan catur terbaik dunk mas untuk buah putih dan hitam..

thanks..
sayaykin@yahoo.com

anto koen mengatakan...

1. mas... bagaimana cara mendapatkan CD Caro-Kann dan Sisilia Naga?
2. bisakah untuk belajar anak SD?

terimakasih

refrizal mengatakan...

@aan :partainya yang diatas itu mas,tinggal klik aja yg dibawah papan caturnya, ntar buahnya akan jalan sendiri :-)

@anto : 1. kontak aja via sms ( no hpnya ada dibagian atas blog ini )jangan via email yg diatas ya! sebab emailnya dah ngak bisa dibuka lagi,
2. ya jelas bisa pak, tergantung kita membimbingnya, tq

Raka mengatakan...

mas bagaimana cara upload partai catur ke bloger kaya diatas???

Aang Abdu Muamar Rauf mengatakan...

mantap sob,,,,
pembukaan caro can yang saya sukai,,,cz selalu menang law pake pembukaan ini mah..

----- mengatakan...

kk., saya copas partai nya ya
di blog
http://chess-trick.blogspot.com/

Anonim mengatakan...

bung refrizal, kalau mw beli ke 5 cd itu ada gak jualannya? trimakasih

Tempat Mencurahkan Isi Hati mengatakan...

Program Catur Nomor 1 Dunia

Telah hadir : Houdini 3.0 Pro 32 bit
............: Houdini 3.0 Pro 64 bit

Harga Miring ( Rp 300.000)

Buat yang berminat call me 081263839258 Ty.

http://guru-tk.myartsonline.com

Tempat Mencurahkan Isi Hati mengatakan...

download link :

houdini 3

Anonim mengatakan...

Hi my friend! I wish to say that this post is awesome, great written and include approximately all important infos.
I would like to see extra posts like this
.

my homepage www.tedxyse.com

Anonim mengatakan...

Jual Sarana Catur Berupa CD/DVD Catur :

Jual CD/DVD Catur Tokobagus
Jual CD/DVD Catur Facebook

Biaya Paket Umroh 2015 mengatakan...

jadi paham, arti simbol simbol dalam permainan catur

Paket Umroh Promo Desember 2015 mengatakan...

Mantap master , bagus banget ini postingannya berguna bnget

Paket Umroh Akhir Tahun 2015 mengatakan...

Berguna banget gan postingannya , makasih bnyak...

Paket Umroh Murah Akhir Tahun mengatakan...

Thanks gan infonya , beranfaat sekali buat saya

refrizal mengatakan...

@Anonim : ke 5 CD itu memang masih ada ( sisilia naga, carokan, alekhine, gambit meteri ditolak dan perancis ) klo berminat ya sms aja ke nomer hp yang diatas, tq

payel mengatakan...

Mana no hp nya mas?? Kok g ada???

Unknown mengatakan...

no hp nya ga tertera mas, boleh di kirim. atau kontek aja ke wa saya mas
087772902007 saya ingin belajar caro kann mas

Anonim mengatakan...

https://www.bukalapak.com/u/kevin_midnight

Anonim mengatakan...

[url=https://www.bukalapak.com/u/kevin_midnight]Jual CD / DVD Catur[/url]

Unknown mengatakan...

No hpx mana master??
Sy ingin sekali belajar caro kann

Unknown mengatakan...

Iya mas sy juga pengen belajar, tpi kok gk ad nmrnya???

Posting Komentar

Template by : kendhin : design