Kamis

belajar melangkahkan buah catur

Hello jumpa lagi !

Posting belajar catur kali ini ditujukan buat anda yang ingin mempelajari permainan catur...saya yakin diantara anda yang menemukan blog belajar catur ini, tentu ada juga yang belum bisa main catur…dan sengaja mencari di internet untuk belajar main catur…dan akhirnya anda terdampar ke blog ini.

Baiklah saya beritahu untuk anda yang belum bisa main catur..ketahuilah !! main catur ini gampang klo anda udah mengerti cara-cara melangkahkan buah caturnya…dan setelah anda bisa main catur, baru anda sadar klo permainan catur ini sangat mengasyikan

Sebelum kita mulai …saya ingin memberikan gambaran tentang catur….ada orang bilang catur itu olah raga…benar!!...mereka ikut dalam kejuaraan catur untuk memperebutkan gelar juara …nah bagi mereka ini catur adalah olah raga…..ada juga orang katakan catur adalah seni…benar juga!!..ada sebahagian orang yang senang melihat kombinasi yang indah, setiap kali main catur mereka selalu berusaha membuat lawannya mat dengan posisi yang sengaja diciptakannya sedemikian rupa…atau istilah catur nya mati indah ( hehe…masa mati ada yang indah )..dan mereka akan senang apa bila bisa menciptakan langkah-langkah seperti itu..nah bagi mereka ini catur adalah seni…ada juga orang bilang catur itu science of logical thinking ( apa sih bhs indonya??)..ini pun benar !!...sebagian pencinta catur, pada malam hari sebelum tidur dia buka papan catur dan memecahkan problem catur. Kenapa benteng jalan ke c8,lebih baik dari pada kuda ke f6? Kenapa posisi hitam lebih baik?....nah bagi mereka ini catur adalah science….

Sekarang kita mulai !



PAPAN CATUR

Papan catur terdiri dari 64 petak yang sama besarnya, dengan warna petak berganti-ganti hitam-putih-hitam-putih. Cara meletakan papan catur seperti gambar diatas, dan menurut ketentuan F.I.D.E ( Federation Internationale Des Echecs = Peraturan Federasi Catur Internasional ) petak putih terletak sebelah kanan pemain ( petak h1 dan a8, sedangkan petak hitam terletak disebelah kiri pemain ( petak a1 dan h8 ), yang saya maksudkan disini ialah petak sudut…. Saya pernah lihat kejuaran tingkat kecamatan ,mereka mengadakan kejuaraan catur…papan caturnya dibikin dari triplek…eh..saya lihat letak papan caturnya asal-asal aja…ada petak hitam sebelah kanan dan ada juga petak putih..ya amburadur dong….nah moga anda ngak melakukan kesalahan yang sama.

LAJUR=sederetan petak-petak dengan warna selang-seling yang membujur dari hadapan kita kearah lawan petak A,B,C sampai H ( lihat gambar ), contoh petak a1.a2.a3.a4.a5.a6.a7 dan a8 ( ini dinamakan lajur A )

BARIS=sederetan petak-petak sama seperti lajur tetapi membelintang dari kiri ke kanan ,yaitu baris 1,2,3 sampai 8 ( lihat gambar ), contoh petak a3,b3,c3,d3,e3,f3,g3 dan h3 ( ini dinamakan baris 1 )

DIAGONAL=sederetan petak-petak yang sama warnanya ,contohnya petak a1,b2,c3,d4,e5,f6,g7 dan h8

NAMA-NAMA PETAK DI PAPAN CATUR..lihat aja gamgar diatas ada petak a1,a2,a3 dsb..e1,e2,e3 dsb ( setiap petak terdiri dari kombinasi huruf dan angka )



NAMA BUAH CATUR

K = King = Raja = R ( 1 buah ) terletak ditengah
Q = Queen = Menteri = M ( 1buah ) terletak ditengah dekan dengan Raja
B = Bishop = Gajah = G ( 2 buah ) terletak disisi Menteri dan disisi Raja
N = Knights = Kuda = K ( 2 buah ) terletak disisi Benteng
R = Rook = Benteng = B ( 2 buah ) terletak di petak pinggir
P = Pawn = Bidak ( 8 buah ) lihat gambar

CARA LANGKAH MASING-MASING BUAH CATUR

Aduh …gimana cara menerangkannya ya..ngak ada papan peraga sih…saya coba aja terangkan dengan kata-kata..mudah-mudahan anda bisa mengerti..

Raja jalannya satu-satu langkah, kemana aja boleh kiri/kanan/atas/miring..ingat hanya satu langkah

Menteri jalannya seperti X ( kali ) dan + ( tambah ) atas/bawah/kiri/kanan/miring kanan atas/miring kiri atas/miring kanan bawah/miring kiri bawah, boleh dekat dan jauh…yang ngak boleh meloncati buah lain

Benteng jalannya seperti + ( tambah ) atas/bawah/kiri/kanan, boleh dekat dan jauh…ngak boleh meloncati buah lain

Gajah jalannya seperti x ( kali ) miring kanan atas/miring kiri atas/miring kanan bawah/miring kiri bawah, boleh jauh dan dekat..ngak boleh melompati buah lain

Kuda jalannya seperti huruf L, bigini cara menjalankannya = maju dua petak lalu belok kiri atau kanan satu petak = mundur dua petak lalu belok kiri atau kanan satu petak = kekiri dua petak lalu keatas atau kebawah satu petak = kekanan dua petak lalu keatas atau kebawah satu petak….cara gampangnya ingat aja huruf L…dan kuda boleh melompat buah lainnya, contohnya kuda yang petak awalnya di b1 bisa dilangkahkan kepetak a3 atau c3

Bidak jalannya lurus kedepan satu petak dan ngak boleh mundur, khusus untuk Bidak yang belum pernah jalan boleh melangkah dua petak kedepan ( tergantung keinginan kita, ingin dijalan kan satu langkah atau dua langkah kedepan )tetapi untuk selanjutnya hanya satu petak aja ke depan….bidak yg belum pernah jalan artinya dia masih berada pada posisi awal ( lihat aja gambar diatas tu..Bidak belum lagi jalan )
Khusus untuk Bidak cara makannya beda sama jalannya, kalau jalannya satu petak kedepan dan makannya miring kekiri atau kekanan satu petak tetapi tetap maju ya…contohnya Bidak di petak d2 jalannya ke petak d3 atau d4, tetapi kalau mau makan bidak dipetak d2 dijalankan ke petak c3 atau petak e3

CARA MAKAN : Raja, Menteri ,Benteng, Gajah dan Kuda cara makannya sama dengan langkahnya….nah sekarang cara makan ( pukul )buah lawan , letakkan buah kita dipetak tempat buah lawan “duduk” dan buah lawan tersebut keluarkan dari papan…gampang khan !!

Oke deh ! moga anda mengerti dengan uraian diatas..klo anda belum ngerti..ulang terus bacanya sampai anda paham…tapi saya yakin lho…generasi yang terlahir di abad 21 ini gampang mempelajari sesuatu dengan cepat,,,termasuk juga anda didalamnya !!

Sekian untuk posting belajar catur kali ini, klo ada yang belum jelas , silahkan aja ajukan pertanyaan di kotak komentar dibawah artikel ini dan saya akan jawab sejelas-jelasnya….moga ada manfaat untuk anda semua dan kita jumpa lagi pada posting pelajaran catur yang akan datang ..bye !

Artikel yang Berhubungan



9 komentar:

jony mengatakan...

makasih mas,atas artikelnya yang sangat bermanfaat,untuk bisa catur nampaknya harus ikut pelajaran tentang catur

sukses selalu untuk semua

Willy mengatakan...

Gens Una Sumus...
Ada yang tau gak dimana bisa membeli set papan dan buah catur standard FIDE, yang sering dipakai di PERCASI ataupun turnamen2...
Kalo ada tolong bantuannya ya...
email ke ws_2k4@yahoo.com
Trims...

Bagi teman2 yang butuh software2 dan tools catur...boleh hubungi saya...

cedrico mengatakan...

makasih gan atas info nya ^^

Anonim mengatakan...

makasih om infonya

Anonim mengatakan...

*NUMPANG PROMO ya....
Untuk Pencinta Gadget Mania... Gampang dan Murah… langsung dapat di HP kamu. Caranya kamu tinggal ketik REG MAIN kirim ke 9789(khusus pengguna Telkomsel, yach..)atau Coba masuk aja ke WAP RujakAsik di http://m.rujakasik.com dari browser HP kamu. Didalamnya ada ribuan konten seperti GAME, VIDEO, KOMIK, THEME, RINGTONE, DAN WALLPAPER yang bisa kamu download. Ramai dan banyak pilihannya, pasti tidak akan nyesel dechhh…

joni sabri mengatakan...

mkci brow aq da tw

Rizkha Celaluw mengatakan...

makasih atas petunjuk ny yhaa,, semoga aku bisa menang dg petunjuk ini,,

awab mengatakan...

thank you

agus wahyudin mengatakan...

mau dong dapat info catur lebih.. kami baru sebulan buat perkumpulan catur Junior

Poskan Komentar

Template by : kendhin : design