Senin

Pelajaran catur untuk tingkat lanjutan ( 1 )

Hello Bro !

Kita jumpa lagi dalam postingan kali ini, saya sengaja pilihkan materi untuk anda yang sudah kuat dalam bermain catur, tahukah anda ! sekali pun anda udah kuat dalam permainan catur, bukan berarti anda harus berhenti dalam belajar catur, pelajaran catur ngak pernah habis tetap aja ada hal-hal baru yang harus anda pelajari, grandmaster sendiri masih tetap belajar lho…guru catur terhebat didunia yaitu Prof. Dr. GM. Max Euwe dan Mark Dvoretsky MI…banyak para grandmaster yang belajar sama mereka..GM Utut Adianto sendiri pernah belajar sama Mark Dvoretsky

Oya..walaupun judul pelajaran catur kali ini untuk tingkat lanjutan, bukan berarti anda pemula tidak bisa mempelajarinya…perlu anda ketahui prinsip catur yang akan saya tuliskan dibawah ini perlu sekali untuk anda tingkat pemula sampai tingkat lanjutan…sebelum kita lanjut saya cerita sedikit dulu ya….saya pernah jumpa dengan salah seorang master nasional dalam salah satu kejuaraan resmi…saya tau dia main sangat ulet…tapi sayang sekali dia ngak begitu memahami prinsip-prinsip catur..yang dia andalkan cuma keuletan main aja dan akhirnya dia kalah…dan sampai saat ini dia masih tetap MN aja..mainnya dah mentok sampai disitu…padahal klo dia terus belajar teori-teori catur tentu dia dah MF, MI dan mungkin juga dah GM…nah bagi anda yang udah bergelar MN…anda jangan berhenti sampai disitu terus pelajari teori/prinsip-prinsip catur dan praktekkan dalam permainan catur..yah saya yakin gelar MF, MI bahkan GM akan menunggu anda…gampangkan!!...oke sekarang kita lanjut !....

Prinsip Dasar Pembukaan

5 elemen kunci pada permainan pembukaan

1. Pejuangan untuk menguasai pusat
2. Pengembangan buah catur secara cepat,tepat dan bermanfaat.
3. Penyusunan struktur bidak yang kuat(tidak ada kelemahan).
4. Kordinasi antara buah catur yang lain dengan bidak.
5. Keamanan Raja.

Tambahan garis besar pembukaan

1. Buah catur utama (benteng dan Menteri) jangan dimainkan secara dini, karena buah catur dengan nilai yang lebih rendah dapat mengancamnya yang mengakibatkan kehilangan waktu.
2.Jangan menjalankan bidak jika tidak perlu. Jalankan bidak untuk memfasilitasi pengembangan buah catur.
3. Mulai permainan dengan menjalankan bidak yang ditengah.
4. Hindari skak yang sia-sia
5. Perkirakan bahwa lawan anda akan mendapat langkah yang baik,maka jangan memberikan ancaman secara "adu untung" penuh resiko kecuali posisi anda sudah tidak punya harapan.
6. Dengan bantuan bidak, coba untuk mendapatkan keuntungan ruang.
7. Jangan terlalu ingin untuk memperoleh materi. Dalam tahap pembukaan sangat penting untuk mengembangkan semua buah catur daripada mendapatkan buah catur lawan.
8. Berikan perhatian khusus pada kelemahan kotak f2 dan f7.
9. Catur dimainkan dalam keseluruhan papan catur, jadi jangan terkonsentrasi pada satu sektor.
10. Menutup garis terbuka.
11. Coba menghindari raja lawan untuk melakukan rokade.
12. Jika buntu, bebaskan permainan anda dengan pertukaran.
13. Jika lawan anda buntu, coba untuk menghindari pertukaran.
14. Coba untuk menukar perwira ringan yang posisinya jelek.
15. Jika pusat tertutup,jangan secara langsung rokade.

Masalah-masalah umum pembukaan

Beberapa masalah umum yang menjebak pemain muda (dan tua) adalah :

1. Pemain memilih pembukaan yang tidak sesuai dengan gaya dan temperamen mereka. Sangat sering terjadi secara nyata bahwa pemain memilih pembukaan yang akhirnya gagal untuk mengembangkan bakat mereka.
2. Pemain memilih pembukaan yang sesuai dengan lawan. Ini diasumsikan pengetahuan lawan yang lebih tinggi.
3. Pemain memulai dengan pembukaan yang diingat/dihafalkan tanpa mengetahui ide permainan yang berikutnya
4. Pemain memulai variasi secara teoritis dengan mengabaikan teori akhir yang berkembang.
5. Memulai pembukaan terlalu cepat.
6. Mengabaikan atau meninggalkan prinsip umum pembukaan.
7. Merasa tidak mampu terhadap lawan dengan tingkat yang lebih tinggi
8. Menganggap enteng terhadap lawan yang tingkatnya lebih rendah.
9. Bermain untuk menang dengan mengorbankan semuanya.

Nah..saya kira cukup sampai disini dulu perjumpaan kita, sebelum berpisah dalam pelajaran catur kali ini, saya ingatkan sekali jagi …silahkan ulang-ulang prinsip-prinsip catur diatas dan tanamkan dalam pikiran dan jiwa anda..yakinlah permainan catur anda akan meningkat dengan pesat….ohya bagi anda yang kurang paham nanti akan saya uraikan satu persatu secara mendetail ..tunggu aja postingan belajar catur yang akan datang…sampai jumpa, semoga bermanfaat !

Artikel yang Berhubungan



11 komentar:

Anonim mengatakan...

Bagaimana antsisipasi lawan yang memegang buah putih, dengan pembukaan f1 ke f2 ... ?

Anonim mengatakan...

Apa aja sich jenis2 pembukaan catur?
pengen tahu dan bagaimana langkah2nya...
thanks!

ElDwisa mengatakan...

bagaimana bermain dengan lawan yang sering menutup langkah kita?....jadinya langkah kita macet!

Anonim mengatakan...

saya terlalu jagoan bermain catur, gimana dong???

ujung-dunia mengatakan...

udah pernah main sama utut belum mas..ato susanto megaranto..??gimana rasanya..hehe...

refrizal mengatakan...

@anonim: langkah f1 ke f2 itu ngak ada, yang ada langkah f2 ke f4 dan jawaban untuk hitam bisa d7 ke d5,
jenis-jenis pembukaan catur bisa dilihat di posting "pembukaan catur", ada banyak pilihan pembukaan catur, tinggal pilih aja mana yang kita sukai.

@EIDwisa: menghadapi lawan yang bermain tertutup, kita harus berusaha membuka posisi, mungkin bisa juga dengan cara melaga buah, intinya kita harus buka posisi.

@ujung dunia: saya dah pernah main sama utut adianto dan hasilnya remis, sama susanto megaranto belum pernah, soalnya dia baru muncul disaat saya dah mundur dari kejuaraan catur

Rahmad basuki mengatakan...

rahmad : pembukaan yang tepat untuk buah catur hitam dan putih untuk memulai awal serangan

Anonim mengatakan...

Apakah trick catur bisa di kombinasikan dengan sistem matematika???

refrizal mengatakan...

buat temen2 pecinta blog belajarcatur,mulai saat ini saya tidak bisa lagi posting melalui blog belajarcatur ini,sebab account saya dah kena hacker, sebagai gantinya saya dah siapkan buat anda para pecinta permainan catur, sebuah blog catur lainnya yaitu :http://belajarpermainancatur.blogspot.com

blog diatas sengaja saya buat untuk melanjutkan semua postingan yang umumnya bersambung,hingga temen2 yang berkunjung ke blog ini bisa melanjutkannya ke blog diatas.tq

doddy setiawan mengatakan...

thanks banget ni.sangat membantu

aLFI-06 mengatakan...

menurutku, kunci menang adalah tidak begitu saja menyerahkan atau mengadu begitu saja semua buah catur klw tdk terpaksa.,

Poskan Komentar

Template by : kendhin : design