Minggu

Permainkan Akhir Catur

Hello rekan pecatur

Sekarang kita akan mempelajari permainan akhir ( ending game ), seperti yang telah diterangkan pada posting-posting yang lalu, didalam permainan catur kita melalui 3 tahap, yaitu : pembukaan ( opening ). Pertengahan ( middle ) dan akhir ( ending ).

Untuk menjadi pecatur tangguh, maka kita harus mempelajari ketiga phase ini,..hei klo gitu main catur susah ya?..ah ngak lah !..kenapa?? sebab didalam setiap tahapan ada teorinya…nah dengan mempelajari teori...maka permainan ini gampang dipelajari..yang penting disini anda harus memahami prinsip/teori dasarnya dan paham posisi basicnya…yang di maksud dengan “posisi basic”(untuk permainan akhir),misalnya: posisi menang R+M vs R, R+B vs R, R+G+G vs R, R+G+K vs R dan lain-lain, untuk posisi remis R+K+K vs R, R+M vs R+bidak a7,c7,f7 dan h7 (untuk putih),a2,c2,f2,h2 (untuk hitam) dan lain-lain

Okelah supaya anda ngak pusing dengan uraian saya diatas kita lanjut aja pada pelajaran catur permainan akhirnya..nanti anda akan paham dengan sendirinya

Prinsip Permainan Akhir menurut para ahli antara lain :

1. Memanfaatkan kelemahan lawan berupa bidak rangkap, bidak terisolir, bidak terbelakang.
2. Usahakan pembentukan bidak bebas dan promosi secepatnya.
3. Bila unggul bidak lakukan penyederhanaan buah.
4. Babak Akhir termudah untuk menang ialah Babak Akhir Bidak.
5. Bentuk Remis termudah ialah Babak Akhir Gajah berlainan warna.
6. Raja sangat potensi dibabak Akhir, gunakanlah bila memungkinkan.
7. Sebaiknya posisi bidak-bidak tidak sewarna dengan Gajahnya.
8. Lakukan blokade atas bidak bebas lawan dengan buah yang tepat termasuk Raja.
9. Sebaiknya Benteng berada dibelakang bidak bebasnya.
10. Jangan melupakan kemungkinan adanya bentuk taktik/kombinasi.

Nah itulah prinsip main akhir yang perlu anda pahami, semakin anda paham maka semakin gampang anda mempelajari permainan akhir dan mempraktekkannya dalam main catur….nah sekarang kita lanjut!!

1. Cara membuat Mat dengan Menteri

Membuat Mat dengan Menteri dilakukan dengan cara menggiring dan membatasi gerak Raja lawan sampai seminimal mungkin, baru kemudian Raja kita datang membantu, atau bisa dilakukan secara bersama.
Kemungkinan menggiring sendiri tanpa bantuan Raja hanya berlaku bagi Menteri, karena ia satu-satunya buah yang tidak bisa didekati Raja lawan.
Selama membatasi gerak Raja lawan, agar waspada akan kemungkinan bentuk Pat/Remis

Contoh posisi



Penyelesaian Mat :
1.Mb6+ Rd7, (jika 1…..Re7 2.Mc6 Rf7 3.Md6 dan seterusnya), 2.Re5 (langkah Raja diperlukan disini karena posisi Menteri sudah tepat) 2…..Re7 (jika 2…..Rc8 3.Ma7!, jangan 3.Re6 Pat (remis) 3.Mc7 Rf8 4.Rf6 Rg8 (bila 4…..Re8 5.Me7+ Mat) Mg7+ Mat

2. Cara membuat Mat dengan Benteng

Membuat mat dengan Benteng dilakukan cara menggiring dan membatasi gerak Raja lawan dengan bantuan Raja dan usahakan seefisien mungkin.

Contoh posisi



Penyelesaian Mat :
1.Bd5 Re7 (bila 1…..Rf6 2.Be5 dan seterusnya) 2.Rf5!....Rf7 3Bd7+ Re8 4.Re6 Rf8 5.Bc7 Rg8 6.Rf6 Rh8 7.Rg6 Rg8 8.Bc8+ Mat

3. Cara membuat Mat dengan Sepasang Gajah

Membuat Mat dengan sepasang Gajah harus dilakukan penggiringan melalui penguasaan diagonal bersama dan dibantu Raja.

Contoh posisi



Penyelesaian Mat :
1.Gf3+ Rd7 2.Gg3 (perhatikan penguasaan diagonal sepasang Gajah mampu membatasi gerak Raja lawan) 2…..Re6 3.Gg4+ Rf6 4.Rd5 (Raja harus membantu) Rg5 5.Gd7 Rf6 6.Gh4 Rf7 7.Re5 Rg6 8.Ge8 Rh6 9.Rf6 Rh7 10.Gg5 Rg8 11.Gh6 Rh7 12.Rg5 Rg8 13.Gg6 Rh8 14.Gf5 Rg8 15.Rg6 Rh8 16.Gg7+ Rg8 17.Ge6+ Mat. Agar diperhatikan posisi Mat nya serta berakan langkah membuat Mat.

4. Cara membuat Mat dengan Gajah dan Kuda.

Membuat Mat dengan Gajah dan Kuda hanya bisa dilakukan pada sudut dimana warna petaknya sesuai dengan warna Gajah.

Contoh posisi



Penyelesaian Mat :
1.Rb2 Rd3 2.Kc7 Rc4 3.Ke6 Rd5 4.Kd4 Rc4 5.Rc2 Rb4 6.Rd3 Rc5 7.Gh2 Rd5 8.Kb3 (diposisi ini perhatikan fungsi Raja membantu menguasai petak warna putih!) Kc6 9.Rc4 Rb6 10.Kc5 Rc6 11.Ka4 (lagi cara penguasaan yang membatasi gerak Raja lawan) Rb7 12.Rb5 Rc8 13.Rc6 Rd8 14. Rd6 Rc8 (jika 14….Re8 15.Re6 Rf8 16.Ge5! atau 15…..Rd8 16.Kb6!) 15.Kb6+ Rb7 16.Rc5 Ra6 17.Rc6 Ra6 18.Gd6 Ra6 19.Gb8 (perhatikan Raja lawan harus digiring kepetak –a1!!) Ra5…20.Kd5! Ra4 (dengan 20….Ra6 21.Kb4+ Ra5 22.Rc5 Ra4 23.Rc4 Ra5 24.Gc7 dan seterusnya) 21.Rc5 Rb3 22.Kb4!! (ingat selalu langkah kunci ini untuk menggiring Raja lawan) 22…..Rc3 23.Gf4 Rb3 24.Ge5 Ra4 25.Rc4 Ra5 26.Gc7+ Ra4 27.Kd3 Ka3 28.Gb6!! (langkah tunggu!) Ra4 29.Kb2+ Ra3 30.Rc3 Ra2 31.Rc2 Ra3 32.Gc5+ Ra2 33.Kd3 Ra1 ( Raja lawan telah berada dipetak yang “tepat” untuk dimatikan) 34.Gb4 Ra2 35.Kc1+ Ra1 36.Gc3+ Mat

5. Cara membuat Mat dengan sepasang Kuda.

Berdasarkan penelitian tak mungkin bisa membuat Mat dengan sepasang Kuda murni, kecuali adanya langkah salah dari lawan.

Contoh posisi



Penyelesaiannya :
1.Kf8 (jangan 1.Ke7 Pat atau !.Kh6 Pat) Rg8 2.Kd7 Rh8 3.Kd6 Rg8 4.Kf6+ Rf8!! (jangan Rh8?? 5.Kf7+ Mat) dan Remis

Jadi bagaimana kemungkinan sepasang Kuda bisa membuat Mat. Hal ini mungkin apabila antara lain :

1. Adanya satu bidak bebas lawan yang secara tempo bisa membuat terbentuknya zugzwang (langkah paksaan)
2. Adanya komposisi Mat.

Contoh posisi 1



Penyelesaian Mat :
1.Ke2+ Rh1 2.Kd1! g4 (terpaksa karena Raja terjepit) 3.Kg3+ Mat

Contoh posisi 2



Penyelesaian Mat :
1.Kh3 gxh3 2.Rf2! h2 (terpaksa!!) dan 3.Kg3+ Mat

Demikianlah bentuk-bentuk basic Mat, saya anjurkan anda untuk menghafalkannya…oke sampai disini dulu postingan permainan akhir caturnya…nanti kita akan jumpa lagi dalam berbagai jenis main akhir lainnya bye bye!!

Note : R = Raja, M = Menteri, B = Benteng, G = Gajah, K = Kuda

Artikel yang Berhubungan



4 komentar:

Asoka chess mengatakan...

Thaxz.. .ok bgt..ending nyaa.. .thxz y.. .klo qta pnya 1 bidak,dan musuh pnya 1 gajah,bisa mnang gx?.. .

Anonim mengatakan...

enggak.Menag gajah+raja

Anonim mengatakan...

harusnya, langkah demi langkahnya juga ada gambarnya... gak cuma Rc3 Ra425, knp gak CR7 aja...

Tempat Mencurahkan Isi Hati mengatakan...

download link :

houdini 3

Poskan Komentar

Template by : kendhin : design