Sabtu

Pelajaran Catur 4, Rangka Bidak ( 2 )

Salam jumpa !

Kita jumpa lagi dalam pelajaran catur nya…sebelum kita lanjut, saya ingin sampaikan dulu beberapa hal yang penting :

Pertama
anda harus ingat dan pahami susunan bidak dalam pelajaran Rangka Bidak ini…ngak banyak lho…cuma 6 buah ( centrum type 1 s/d 6 ) kenapa??..karena susunan bidak sangat penting dalam permainan catur..klo anda sudah menjadi pecatur tangguh, baru anda benar-benar setuju dengan uraian saya ini hehe..

Kedua sering main catur dan buat rangka bidak yang kuat…gimana caranya?? Gampang !! khan ada 6 type tu…pakai aja rangka bidak yang kuat..

Ketiga kita lanjutkan belajar main catur nya….pahami setiap materi yang saya uraikan dan tak lama lagi anda akan menjadi pemain catur yang sangat kuat..ini benar lho!..saya dah buktikan sendiri…GM sendiri ngak gampang menang melawan saya, saya juga dah pernah menang lawan grandmaster diantaranya GM Ruben Gunawan dan juga dah pernah ketemu ama GM Utut Adianto dan hasilnya remis..klo master nasional saya dah sering jumpa…hehe..ini sekedar motivasi untuk anda klo main catur itu tidak sulit asal anda tekun dan mau belajar...aduh keasyikan ngomong pelajaran caturnya jadi terlambat nih…lanjuuut….

Sekarang didalam diagram 8 dan 9 kita menjumpai dua buah contoh stelling dan masing-masing didapatkan bidak centrum yang terpencil. Umumnya orang mendapatkan kesulitan jika mempunyai bidak terpencill, namun demikian dapat juga terjadi bidak yang terpencill tadi mempunyai nilai harga yang tinggi.

Seperti apa yang kita lihat pada diagram 8 putih mempunyai bidak centrum terpencil dan hitam tak mempunyai bidak centrum sama sekali. Hasil dari keadaan ini adalah harapan terletak pada kedua belah pihak, yaitu bidak putih dapat bergerak maju serta membuat Kuda hitam mundur pada c6 dan ini mengakibatkan perwira-perwira dari hitam mendapatkan gangguan.



DIAGRAM 8.
Centrum type 5. Bidak centrum meskipun terpencil namun masih bisa bergerak. Kedua pihak mempunyai harapan yang sama.

Sekarang marilah kita amati diagram 9. Dalam diagram ini bidak yang terpencil sama sekali tak dapat maju dikarenakan mendapat halangan dari bidak centrum putih pada e3. Petak dimukanya (petak d4) telah dikuasai oleh putih serta dalam pertarungan selanjutnya tak mendapatkan gangguan dari bidak-bidak hitam. Bidak yang terpencil itu bisa ditahan ditempatnya untuk kemudian dapat diserang. Pemain putih yang pandai tentu melakukan gerakan yang menduduki petak d4 yang kuat itu dengan Kuda (dapat juga menggunakan Gajah, hanya hal ini memerlukan langkah yang banyak supaya Gajah dapat datang kesitu), serta diusahakan terus-menerus menduduki petak itu dengan perwira serta harus berusaha supaya jangan terjadi tukar menukar yang mengakibatkan tersesatnya bidaknya sendiri kepetak d4. Sedang bagi hitam mempunyai harapan juga.


DIAGRAM 9.
Centrum type 6. Bidak centrum terpencil serta tak bisa bergerak. Putih mendapatkan harapan yang lebih baik.

Bidak centrumnya telah menguasai dua petak di lapangan putih dan seandainya ia berhasil menempatkan perwiranya disalah satu ataupun kedua-duanya pos depan itu, maka ia mempunyai kesempatan menyerang yang lebih menguntungkan.
Centrum sendiri kalau diartikan dapat panjang sekali serta memakan waktu yang lama. Namun demikian cukup kiranya sedikit gambaran seperti apa yang telah diuraikan dimuka tadi dengan contoh-contoh yang telah kita paparkan , sebab kita masih akan membicarakan banyak hal lain yang penting. Dan seperti apa yang kita lihat didalam diagram 8 dan 9 telah dikenal akan bidak-bidak terpencil. Hal ini penting sekali bagi kita sebab kita segera akan membicarakan perihal kelemahan bidak.

Oke ….sampai disini selesai pelajaran catur tentang Rangka Bidak , kita akan jumpa lagi pada materi selanjutnya yaitu Kelemahan Bidak…sampai jumpa !!

Artikel yang Berhubungan



3 komentar:

refrizal mengatakan...

buat temen2 pecinta blog belajarcatur,mulai saat ini saya tidak bisa lagi posting melalui blog belajarcatur ini,sebab account saya dah kena hacker, sebagai gantinya saya dah siapkan buat anda para pecinta permainan catur, sebuah blog catur lainnya yaitu :http://belajarpermainancatur.blogspot.com

blog diatas sengaja saya buat untuk melanjutkan semua postingan yang umumnya bersambung,hingga temen2 yang berkunjung ke blog ini bisa melanjutkannya ke blog diatas.tq

pemeliharaan mesin mengatakan...

mantap

Fino Athar mengatakan...

mateng gk ngerti sm skali

Posting Komentar

Template by : kendhin : design